Bernie Ecclestone Minta Renault Berkompetisi Di F1 Sebagai Tim Mandiri

Bernie Ecclestone Minta Renault Berkompetisi Di F1 Sebagai Tim Mandiri Petinggi tim F1 (foto: foxsports.com)

Bernie Ecclestone seperti yang dilaporkan oleh situs autosport.com telah meminta Renault agar tidak meninggalkan balap Formula 1 dan terlibat penuh sebagai tim yang mandiri. Seperti diketahui sebelumnya, pabrikan mobil asal Perancis tersebut sedang menimbang beberapa pilihan terkait keterlibatan mereka dengan balap jet darat ini, termasuk salah satunya opsi untuk membeli tim F1 yang telah mapan seperti tim Torro Rosso dan Lotus.

Renault pada kompetisi Formula 1 saat ini bertindak sebagai penyedia mesin untuk tim Red Bull dan Toro Rosso hingga tahun 2016 nanti dan sedang mengevaluasi pilihannya untuk musim balap 2017 dan setelahnya. "Mereka (Renault) berkata sedang memperimbangkan beberapa pilihan dan diharapkan sudah memiliki keputusan bulat September mendatang, Sekarang kita hanya tinggal menunggu karena selebihnya merupakan hak mereka." ujar Ecclestone.

Saat ditanya mengenai harapannya, Ecclestone menjawab bahwa ia ingin Renault membeli Lotus atau bahkan membuat tim sendiri dan Ecclestone juga menambahkan bahwa ia tak ingin Renault mundur dari balap Formula 1 karena hubungan lama Renault dengan balap Formula 1 sejak beberapa dekade lalu.

Melihat kesulitan teknis yang Renault hadapi pada musim F1 2015, wajar jika Renault mungkin lebih berkonsentrasi kepada sisi teknikal terlebih dahulu sebelum kembali ke Formula 1 sebagai tim konstruktor penuh.

Atas prestasi Renault yang sedang turun tahun ini, Ecclestone kembali berkomentar "Saya ingin mereka memiliki mesin yang kompetitif dan bila mereka memilikinya maka kondisi mereka sedang baik, karena bila mereka hadir sebagai tim konstruktor sepenuhnya tanpa memiliki mesin yang tak kompetitif maka hal tersebut tidak baik untuk mereka sendiri."

Baca juga: