POPULAR STORIES

Beroperasi Awal Mei, Tol Pandaan-Malang Dikelilingi Pemandangan Indah

Beroperasi Awal Mei, Tol Pandaan-Malang Dikelilingi Pemandangan Indah Tol Pandaan-Malang (ist)

KabarOto.com - PT Jasa Marga melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), saat ini dikabarkan tengah menggenjot proses pembangunan tahap akhir dari ruas jalan tol Pandaan-Malang.

Ruas tol tersebut memiliki total panjang 38,488 Km dan terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 km. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

Baca Juga: Ada Struktur Bangunan Kuno, Proyek Tol Pandaan-Malang Dihentikan

Melintasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang, pengerjaan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1–3 saat ini telah mencapai 99,17%, sehingga secara keseluruhan, Jalan Tol tersebut ditargetkan akan beroperasi tidak lama lagi.

Awal Mei bakal resmi beroperasi

"Paling lambat awal Mei dari Seksi 1–3, sepanjang 30-an Km. Seksi 4 pekerjaan konstruksi masih berjalan. Kalau bisa sekalian, lebih baik. Seksi 5 masih ada situs. Situsnya ini berada di ujung, di 3 Km terakhir. Minggu depan akan difinalkan di BPJT, Kementerian PUPR, apa yang perlu kami lakukan. Situs tersebut kami harapkan ya dilestarikan saja sehingga Seksi 5 bisa menjadi destinasi (wisata)," ungkap Desi Arryani selaku Direktur Utama Jasa Marga.

Setelah beroperasi nanti, Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Sementara itu, Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo mengungkapkan, jalan tol ini nantinya diharapkan dapat membawa dampak dan bermanfaat langsung kepada masyarakat luas, tidak hanya pengguna tol.

"Ruas Tol Pandaan-Malang ini nantinya akan bermanfaat juga bagi masyarakat di sekitar jalan tol. Nantinya, setelah dioperasikan Jalan Tol Pandaan-Malang ini bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang di masa libur bisa mencapai 4 hingga 6 jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam," papar Agus.

Dikelilingi pemandangan indah

Meski Jalan Tol Pandaan-Malang bukan merupakan bagian dari jalur Jalan Tol Trans Jawa, namun jalur ini memang menjadi jalur wisata menuju daerah Malang Raya. Tak hanya itu, jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga dihiasi dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan.

Guna memperkenalkan ruas tol Ruas Pandaan-Malang, kepada masyarakat sebelum nantinya resmi beroperasi, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), menggelar Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Pandaan-Malang, pada Sabtu (23/03).

Baca Juga: Ruas Tol Trans Sumatara Ini Bakal Punya Terowongan Sepanjang 7 Km

Masyarakat yang hadir pada acara ini dapat mengikuti aneka permainan interaktif dan doorprize dengan beragam hadiah menarik. Antusiasme masyarakat terhadap acara Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Pandaan-Malang ini dapat terlihat dari terpenuhinya kuota registrasi peserta. Secara keseluruhan, acara ini dihadiri oleh lebih dari 6.000 orang.

Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Pandaan-Malang merupakan salah satu dari sekian Festival Jalan Tol yang telah digelar oleh Jasa Marga. "Berbagai Festival Jalan Tol yang telah diadakan bertujuan untuk memperkenalkan ruas-ruas tol sebelum dioperasikan," jelas Desi.