POPULAR STORIES

Bersama Toyota, Pertamina Kembangkan Ekosistem Mobil Hidrogen

Bersama Toyota, Pertamina Kembangkan Ekosistem Mobil Hidrogen Mobil konsep menggunakan hidrogen (Foto : Pertamina)

KabarOto.com - Terus melakukan inovasi terkait bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), PT Pertamina (Persero) saat ini sedang mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen. Perusahaan p,elat merah tersebut menggandeng Toyota.

Direktur Utama PT Pertamina New and Renewable Energy (Pertamina NRE) Dannif Danusaputro menjelaskan, pengembangan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana potensi bisnis hidrogen pada sistem transportasi.

Baca Juga : Ramai Soal Mobil Berbahan Bakar Hidrogen , Begini Cara Kerjanya

“Hidrogen untuk kendaraan ini merupakan salah satu alternatif transportasi dengan energi bersih. Pertamina bersama Toyota akan mengembangkan ekosistem passenger car dengan basis hidrogen” ungkap Dannif.

Tak hanya itu, Pertamina NRE juga menggandeng PT Pertamina Patra Niaga, untuk membangun infrastruktur pengisian hidrogen pada kendaraan.

Menurutnya, Pertamina telah memiliki keunggulan fasilitas pendukung yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal itu merupakan salah satu nilai tambah pengembangan bisnis EBT kedepannya.

“Ke depan kita akan siapkan hydrogen refueling station yang nanti bisa dipakai mobil dengan basis hydrogen di fasilitas eksisting Pertamina, sebagai bukti komitmen optimalisasi infrastruktur Pertamina untuk akselerasi transisi energi,” imbuh Dannif.

Selain itu, VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan, inovasi di bidang transportasi merupakan aksi nyata Pertamina guna mewujudkan target Net Zero Emission (NZE) pada 2060. Karenanya alternatif moda transportasi yang ramah lingkungan perlu dilakukan.

Baca Juga : Alternatif Mobil Listrik, Ini Daftar Mobil Berbahan Bakar Hidrogen yang Sudah Dijual

“Inovasi Pertamina menuju NZE 2060 terus digulirkan, tidak hanya dari sisi bisnis utama namun juga pada bisnis turunan yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga aksi menuju NZE bisa dilakukan bersama-sama oleh semua elemen masyarakat,” ujar Fadjar.

Sebagai wujud nyata, Pertamina dan Toyota juga menampilkan mobil hidrogen di pameran The 11th Indonesia Energi Baru, Terbarukan & Konservasi Energi ConEx (EBTKE ConEx), bertempat di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Rabu 12 Juli 2023.