POPULAR STORIES

Bersihkan Kabin Mobil Agar Nyaman Dipakai Liburan Natal Dan Tahun Baru

Bersihkan Kabin Mobil Agar Nyaman Dipakai Liburan Natal dan Tahun Baru Kipli

KabarOto.com - Kebersihan kabin pastinya membuat kenyamanan berkendara terjaga. Sudah sepatutnya kebersihan kabin kendaraan tetap terjaga pada saat berada dalam perjalanan harian maupun jarak jauh.

Hanya saja, kerap para pengguna kendaraan mengkonsumsi makanan dan minuman saat dalam perjalanan. Baik itu makanan kering ataupun basah.

Apalagi jika di dalam mobil terdapat balita (bayi di bawah 5 tahun), Bila abai dibersihkan, tidak hanya timbul noda, tetapi juga dapat menimbulkan bau kurang sedap di kabin.

Parahnya, untuk makanan tertentu, terutama yang basah atau berminyak dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Jika hal tersebut dialami, Sobat KabarOto tidak perlu panik. Apalagi jika bekas tumpahan masih baru dan belum lama mengering.

Baca juga: Begini Cara Merawat Sarung Tangan Bikers Yang Benar

Sebelum timbul bau tidak sedap, segera lakukan pembersihan noda bekas tumpahan dengan melakukan langkah-langkah seperti ini.

Ada jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain beludru dan kulit. Material tersebut perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang dapat merusak kontur jok mobil.

Membersihkan noda pada jok mobil, sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut, bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok.

"Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu sedot gunakan vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kotoran," tukas Samsudin, Aftersales Astra Peugeot.

Lalu campurkan deterjen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok.

Baca juga: Bagaimana Servis Dan Perawatan Sokbreker Ohlins Yang Benar?

Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Sedangkan jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan. Namun juga tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga dapat membersihkan dengan air deterjen.

“Bisa dengan memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus,” tutupnya.