POPULAR STORIES

Besok, Gerbang Tol Cikampek Utama Dan Kalihurip Utama Siap Digunakan

Besok, Gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama Siap Digunakan GT Kalihurip Utama (Medcom)

KabarOto.com - Jasa Marga memastikan Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama siap melayani pengguna mulai 23 Mei 2019 mendatang. Gerbang Tol Cikarang Utama ditiadakan per 23 Mei 2019 dan transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dipindah ke dua gerbang tol tersebut.

"Saat ini proses konstruksi di GT Cikampek Utama sudah memasuki tahap penyelesaian GT Satelit, sementara Main Gate sudah 100% bisa digunakan. Kami pastikan di 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB nanti, GT Cikampek Utama siap beroperasi untuk melayani transaksi pengguna jalan," ungkap Raddy R. Lukman, General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: Setelah Gratis 2 Bulan, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Akhirnya Resmi Diberlakukan Tarif

Hal senada diungkapkan Raddy, AJ. Dwi Winarsa, General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, mengungkapkan, "GT Kalihurip Utama yang masuk dalam wilayah Jalan Tol Purbaleunyi siap beroperasi untuk melayani transaksi pengguna jalan, saat ini peralatan tol sudah terpasang semua," tegas Dwi.

Pengganti gerbang tol Cikarang Utama

Progress proyek pembangunan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama secara keseluruhan, saat ini masing-masing telah mencapai 82,61% untuk GT Cikampek Utama dan 83,25% untuk GT Kalihurip Utama.

Untuk fungsi masing-masing gerbang tol, GT Cikampek Utama berfungsi sebagai GT bagi pengendara yang berasal dari/menuju Timur (Jalan Tol Cikopo-Palimanan), sedangkan GT Kalihurip Utama dapat digunakan bagi pengendara yang berasal dari/menuju Selatan (Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).

Dalam kesempatan yang sama, Raddy memaparkan bahwa pemindahan transaksi dari GT Cikarang Utama ini merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalkan fungsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai jalan tol radial Jabotabek yang menuju ke arah Jakarta agar pergerakan lalu lintasnya menjadi lebih lancar.

Mengurangi kepadatan yang kerap terjadi

Sebelumnya Gerbang Tol Barrier (Utama) di beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga sudah dihilangkan untuk mengurangi titik transaksi yang berpotensi menyebabkan antrean.

Baca Juga: Kebijakan Satu Arah Di Tol Trans Jawa Diberlakukan, Perhatikan Tanggal Dan Rutenya

Contohnya adalah Gerbang Tol Karang Tengah di ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Gerbang Tol Cibubur Utama dan Gerbang Tol Cimanggis Utama di Jalan Tol Jagorawi, GT Tembalang dan GT Manyaran di Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C, serta GT Meruya Utama, GT Rorotan di Jalan Tol JORR, juga GT Pondok Ranji Sayap Arah Bintaro di Jalan Tol Jakarta-Serpong.

"Hasilnya cukup efektif untuk mengurai kepadatan yang ada di satu titik, inilah yang kami harapkan juga terjadi di Jakarta-Cikampek," jelasnya. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi jalan tol radial Jabotabek terakhir, yang diubah sistem transaksi menjadi sistem terbuka seluruhnya.