Biar Mesin Bersih, Tuang Engine Flush Tiap Ganti Oli

Biar Mesin Bersih, Tuang Engine Flush tiap Ganti Oli Foto: Rio

KabarOto.com – Pasti sering ganti oli kan. Kegiatan ini rutin dilakukan, umumnya mobil masa kini banyak yang ganti tiap 10 ribu km. Nah, biar kondisi mesin selalu terawat dan bersih. Tiap ganti oli jangan lupa sekalian tuang dulu engine flush.

“Engine flush berguna untuk merontokkan kotoran di dalam mesin, yang tak bisa larut saat oli dibuang,” ujar Steve, pemilik bengkel Wiguna Auto Service di Jl. Bintaro Utama blok HI2 No.5, Tangsel.

Banyak produk yang beredar, salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Wealthy. Merek car care ini sudah dikenal membuat produk yang ramah terhadap mesin. “Misal saja, engine flush Wealthy tidak merusak komponen metal di jeroan mesin,” sambung Steve.

Baca juga: Bisa Berubah Gelap & Terang, Wealthy Perkenalkan Kaca Film Photochromic

Harganya berkisar Rp 60 ribu untuk sebotol pembersih jeroan mesin ini. Tiap botol berisi 175 ml engine flush, bisa digunakan untuk mesin berkapasitas hingga 2.000 cc atau sekitar 4 liter oli.

Nah untuk mesin yang kapasitas olinya di atas 5 liter, bisa gunakan engine flush Wealthy yang berkapasitas 250 ml.

Cara penggunaannya juga mudah. Saat mesin mati, cukup tuang engine flush Wealthy sebelum oli lama dibuang. Lalu nyalakan mesin sekitar 10 menit. “Ini berguna agar engine flush dapat bersirkulasi di jeroan mesin dan merontokkan kotoran,” kata pria ramah ini.

Baca juga: Wealthy Bedah 2 Produk Barunya Pada Acara Komunitas Nuvolks

Nyalakan mesin dalam posisi idle selama kurang lebih 10 menit agar engine flush bersirkulasi

Lalu matikan mesin kembali, dan tuang oli lama hingga benar-benar habis. Mesti diingat juga, tak perlu menyemprot lubang pengisian oli dengan udara bertekanan. “Sebab udara di tiap kompresor pasti mengandung air, walau sedikit. Jadi kita mengurangi risiko air masuk ke ruang mesin,” wanti Steve.

Oli lama terbuang, sekarang tinggal tuang oli baru sesuai spesifikasi mesin. Nah, apabila rutinitas ini tidak terlewat tiap ganti oli. Pasti kondisi jeroan mesin bakal lebih awet dan terawat deh.