POPULAR STORIES

Biaya Pengembangan Motor Listrik BL-SEV01

Biaya Pengembangan Motor Listrik BL-SEV01 BL-SEV01

KabarOto.com - Universitas Budi Luhur serius mengembangkan kendaraan listrik. Salah satunya motor listrik yang diberi nama Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01. Motor listrik ini sudah diuji menempuh jarak 1.340 km dari Jakarta ke Mandalika.

Kesuksesan tersebut tidak diraih dengan mudah, ada kegagalan yang menyertainya. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono.

Untuk mengembangkan motor BL-SEV01, dibutuhkan proses riset dan pengembangan yang membutuhkan dana tidak sedikit.

Baca juga: Bamsoet: IMI Akan Kawal Motor Listrik BL-SEV01 Uji Layak Jalan

BL-SEV01

"Termasuk R&D kita ada kegagalan dan segala macam, etis tidak ya kalau disampaikan, kalau kisaran itu mungkin Rp 80 juta - Rp 140 juta," terang Sujono, di kampus Budi Luhur, belum lama ini.

Dari seluruh komponen, yang membutuhkan biaya besar adalah baterai. Sujono mengakui, saat ini baterai masih impor. Jika bisa dibuat sendiri, maka biaya tentu akan lebih murah.

"Baterai ini kita masih murni impor di sini cuma assembly, kalau nanti baterai sudah siap biaya bisa turun 30%, jadi bisa sangat murah," katanya.

Dia yakin, yakin kalau nanti diproduksi secara massal, harga bisa jauh di bawahnya. "Kkarena kan kita ini masih satuan, masih hand made kalau nanti masuk ke massal sangat mungkin," tambahnya.

Baca juga: Motor Listrik BL-SEV01 Sukses Tempuh Jakarta Ke Mandalika

Tentunya, semua pihak berharap, motor ini tak hanya menjadi kendaraan hasil riset yang sukses, namun juga bisa diproduksi dan dijual untuk masyarakat umum.

Bambang Soesatyo, ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI berjanji akan mengawal motor ini jika bisa masuk tahap uji tipe.