POPULAR STORIES

Bikers Wajib Gunakan "Alat Tempur" Ini Saat Terjang Hujan

Bikers Wajib Gunakan "Alat Tempur" Ini Saat Terjang Hujan contoh pengendara dengan perlengkapan minim saat menerjang hujan

KabarOto.com - Mulai musim hujan yang kerap terjadi baik siang maupun sore hari saat ini, tandanya Sobat KabarOto harus menyiapkan segala perlengkapan "bertempur" menghalau hujan. Sayangnya, saat ini masih banyak pengendara terutama yang menggunakan roda dua malas untuk menyiapkan perlengkapannya.

Perlengkapan keamanan tidak hanya helm, masih banyak perlengkapan lainnya yang dibutuhkan. Bahkan untuk helm saja ada dua standar, antara lain standar ideal yaitu helm full face dan standar minimum yaitu half face. Kebersihan di kaca helm juga harus diperhatikan ya. Apabila sudah baret atau tidak layak pakai, segera ganti kacanya.

Baca Juga: Awas, Bahaya Jas Hujan Ponco Terbukti Buat Celaka Bikers!

Selain helm, Sobat KabarOto perlu tahu apa saja perlengkapan yang harus disiapkan serta dibawa agar lebih aman saat berkendara ditengah hujan. Yup! Jas hujan, sudah bukan hal baru bahwa benda ini dapat menjaga pakaian dan tubuh Sobat KabarOto agar tidak basah.

Namun, masih banyak pengendara yang malas untuk membawa jas hujan. Terlihat dari fenomena yang sering dijumpai terutama di Ibu Kota, pengendara roda dua berkelompok berteduh dibawah flyover. Padahal hal tersebut akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain loh.

Memilih jas hujan juga tak bisa sembarangan, menurut Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) pilih jas hujan yang dua potong. Bukan tanpa alasan, jas hujan satu potong atau ponco lebih berisiko terhadap keselamatan.

Baca Juga: Kebiasan Buruk Simpan Jas Hujan Di Bawah Jok Motor

"Kalau (jas hujan) satu potong berbahaya sekali, selain basah mereka tidak tercover secara maksimal. Bahaya juga karena merumbai-rumbai kalau ponco itu, gampang masuk ke komponen gerak seperti rantai atau jeruji," jelasnya.

Mungkin Sobat KabarOto juga sering melihat peristiwa kecelakaan akibat jas hujan terbelit di jeruji. Menghindari hal tersebut gunakan jas hujan dua potong, baju dan celana.

Selanjutnya, ketika hujan usahakan untuk tetap menggunakan sarung tangan. Sobat KabarOto bisa menggunakan sarung tangan dengan bahan karet agar tidak licin dan lebih cepat kering.

Baca Juga: 11 Bagian Motor Yang Perlu Dirawat Saat Musim Hujan

Jagan gunakan sarung tangan berbahan kulit

"Disarankan punya sarung tangan dua set, supaya kalau satunya basah sudah punya cadangan," saran Jusri.

Terakhir berkaitan dengan alas kaki. Ketika hujan jangan ganti alas kaki dengan sandal, apalagi sampai telanjang kaki. Alas kaki sangat berguna untuk melindungi kulit ketika menapak ke aspal. Idealnya, gunakan alas kaki yang tingginya mencapai mata kaki. Jika takut basah, Sobat KabarOto bisa gunakan jas sepatu agar tetap aman dan terlindungi.