POPULAR STORIES

Bikin Setir Enteng, Volvo Hadirkan Teknologi Dynamic Steering Di Truk Buatannya

Bikin Setir Enteng, Volvo Hadirkan Teknologi Dynamic Steering di Truk Buatannya Volvo FMX dengan fitur VDS (KO/Edo)

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia, sebagai pemegang merek truk Volvo di tanah air, hari ini (20/06) baru saja memperkenalkan teknologi baru yang disematkan ke dalam produk buatannya.

Teknologi itu bernama Volvo Dynamic Steering, yang menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.

Baca Juga: Kementerian ESDM Road Test B30 Untuk Kendaraan Penumpang Dan Truk

Volvo mengatakan, bahwa dengan penggunaan sistem ini dapat mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85% dan meredam hentakan akibat lubang, jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman, sehingga dapat menjaga truk tetap lurus kearah yang dipilih pengemudi.

Mempermudah saat membelokkan setir

Hasilnya, adalah pengemudian yang presisi aman, dan mudah dikemudikan. "Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia di setiap kondisi operasi. Di jalan bebas hambatan, sistem Volvo Dynamic Steering memberikan stabilitas arah kendaraan," kata Jurn Terpstra, MD Volvo Truck Indonesia.

Perangkat VDS

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pada kecepatan rendah, bantuan motor listrik membuat truk ini menjadi sangat mudah dikendalikan. "Bahkan truk konstruksi yang sarat muatan yang berjalan di jalan off-road yang kasar bisa dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun, bahkan hanya dengan satu jari," ujar Jurn.

Baca Juga: UD Trucks Luncurkan Truk BBM Kekinian

Fitur baru ini sekarang tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6x4) dan poros roda depan ganda (8x4), namun volvo belum menyediakan fitur tersebut untuk truk berpenggerak all-wheel drive.

Saat ini, truk dengan Volvo Dynamic Steering pertama yang diimpor langsung dari Swedia tersebut, sudah mulai diterima para pelanggannya yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Kalimantan.

POPULAR STORIES

HOT