Stop Lamp

Alif Sowandono
Alif Sowandono 24 Aug 2015 - 04:19
Bingung Kenapa Accu Motor Anda Cepat Tekor? Ketahui Penyebab Utama dan Solusinya!
Accu sepeda motor (foto:google)

Ada beberapa kejadian ringan dan fatal akibat dari bohlam belakang putus atau kualitas bohlam stop yang jelek. Banyak kejadian ketika saat menekan tuas rem lampu sore dan lampu utama ikut menyala terus dan tidak lama kemudian kita baru menyadari tiba-tiba aki motor kita soak. Lalu kenapa itu bisa terjadi padahal arus antara bohlam stop dengan bohlam senja itu berbeda.

Bohlam stop memakai arus DC sedangkan bohlam lampu utama dan senja pakai arus AC. Bohlam stop terdiri dari dua nyala lampu yaitu lampu rem dan lampu senja jadi di bohlam stop satu bohlam mempunyai dua sellampu. Untuk lampu rem menggunakan arus DC dan lampu senja pakai arus AC.

Kalau salah satu sel putus dan patahan sel yang putus menempel ke sel yang satu maka dipastikan arus AC akan bertemu arus DC dan hasilnya akan terjadi short dan kelistrikan dimotor jadi terganggu.

Jika kedua arus bertemu maka arus AC akan masuk ke jalur arus DC dan salah satunya adalah menyerang aki,aki hanya bisa menyimpan arus DC jika tercampur dengan arus AC maka tegangan aki akan turun dan bisa terjadi aki short/soak.