Biodiesel 30 Persen Dinilai Beri Dampak Positif Pada Ekonomi Masyarakat

Biodiesel 30 Persen Dinilai Beri Dampak Positif pada Ekonomi Masyarakat Uji coba diodiesel 30 persen pada mobil Toyota Fortuner mesin diesel

KabarOto.com - Pemerintah terus konsisten menjalankan program biodiesel 30% yang mulai diimplementasikan pada tahun 2021. Belum juga diterapkan di seluruh kendaraan bermesin diesel, dampaknya sudah dirasakan industri kelapa sawit di Indonesia.

Martias Fangiono, dari Komite Pengarah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengatakan, saat pemerintah konsisten menjalankan B30, akan memberi dampak harga sawit yang stabil. "Selain itu, program ini menjadi bagian Indonesia Incorporated.

Baca Juga: Pakai Biodiesel B30 Mesin Diesel Tetap Terjaga, Ini Penjelasan Pertamina

Program B30 masih kata dia, memberikan banyak manfaat dari aspek perekonomian. B30 dapat memberikan pekerjaan bagi 17 juta orang yang terlibat di industri sawit. "Alhasil, mereka dapat hidup layak," terangnya, saat diskusi virtual dengan media, beberapa waktu lalu.

SPBU pertamina sudah pasarkan biodiesel30 persen

Program B30 juga menghemat devisa, sehingga berdampak positif bagi neraca perdagangan dan transaksi berjalan. "Impor solar juga berkurang yang digantikan campuran FAME," tambahnya.

Biodiesel juga bisa memperkuat ketahanan energi terbarukan sebagai kebijakan strategis. Karena produksi minyak bumi dalam negeri sebesar 800 ribu barel per hari, namun kebutuhan mencapai 1,5 juta barel per hari. “B30 merupakan solusi bagus bagi ketahanan energi terbarukan. tentunya ramah lingkungan,” terangnya lagi.

Beberapa APM bus dan truk seperti Hino, Isuzu, Mercedes-Benz dan lainnya sudah siap dengan B30. Mereka persiapkan mesin yang khusus untuk bahan bakar nabati tersebut.

Baca Juga: Pertamina Mulai Salurkan Biodiesel 30 Persen Di SPBU Indonesia

Sementara itu, Pertamina juga sudah memasarkan biodisel B30 di beberapa SPBU-nya, sehingga ke depan program ini akan berjalan dan memberi dampak positif bagi masyarakat dan kualitas udara di Indonesia.