POPULAR STORIES

Pertamina Mulai Salurkan Biodiesel 30 Persen Di SPBU Indonesia

Pertamina Mulai Salurkan Biodiesel 30 Persen di SPBU Indonesia SPBU Pertamina

KabarOto.com - Pertamina siap menyukseskan Program B30 yang menjadi salah satu progam strategis Pemerintah tahun 2020. Peresmian ini dilakukan lebih cepat dari yang direncanakan semula pada Januari 2020. Setelah meresmikan SPBU Coco di MT Haryono,Jakarta Selatan, selajutnya pada awal tahun 2020 seluruh SPBU Pertamina di Indonesia sudah menyalurkan Bio Diesel 30 persen.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina mengatakan, Pertamina telah melakukan langkah cepat dengan melakukan penyaluran B30 sejak November 2019 di beberapa wilayah. Antara lain TBBM Medan Sumatera Utara, Kilang Plaju Sumatera Selatan, TBBM Panjang Lampung, TBBM Plumpang DKI Jakarta, TBBM Balikpapan Kalimantan Timur, TBBM Rewulu Yogjakarta, TBBM Boyolali Jawa Tengah, dan Kilang Kasim Papua.

Baca Juga: Ini Imbauan Pertamina Sebelum Masuk Tol Layang Jakarta - Cikampek

Penerapan program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU COCO, MT Haryono, Jakarta Selatan.

“Kini, Pertamina telah menyiapkan 28 TBBM sebagai titik simpul pencampuran B30, yang nantinya akan disalurkan ke seluruh SPBU millik Pertamina di seluruh Indonesia," ujar Nicke di SPBU COCO No 31.128.02 MT Haryono Jakarta Selatan, (23/12).

Guna mengamankan suplai FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sebagai bahan utama pencampuran B30. Pertamina telah melakukan penandatanganan kerjasama pengadaan FAME dengan 18 Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BUBBN) yang ditunjuk oleh pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM).

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina

Nicke menambahkan, Biosolar B30 merupakan bahan bakar lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang memiliki tingkat pencemaran yang rendah tanpa mengurangi performa kendaraan. "Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan produk Biosolar B30 dan turut menjaga kelestarian alam melalui penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan," terangnya.

Baca Juga: Awasi Pengguna BBM Bersubsidi, Pertamina Digitalisasi Nozzle Di SPBU

Dia menambahkan, Program B30 ditargetkan bisa mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 14,25 juta ton C02 selama tahun 2020. Selain itu, Program B30 juga ditargetkan bisa menyerap tenaga kerja tambahan hingga 1,29 juta orang.