POPULAR STORIES

Bisa Dimatikan Sementara, Berikut Cara Menonaktifkan Fungsi GPS Mobil

Bisa Dimatikan Sementara, Berikut Cara Menonaktifkan Fungsi GPS Mobil

KabarOto.com – Penggunaan GPS di dalam mobil berfungsi untuk melacak mobil dan meningkatkan keamanan. Selain itu, GPS juga dapat menghindarkan dari tindak pencurian kendaraan.

GPS yang ditanamkan di dalam mobil, bisa dikontrol melalui aplikasi di smartphone. Pemilik kendaraan bisa terus melacak kendaraannya selama GPS masih dalam kondisi menyala.

Jika GPS ini belum terlalu dibutuhkan, pemilik dapat menonaktifkan untuk sementara. Nah, berikut adalah tata cara mematikan GPS mobil:

Baca Juga : Ingin Beli Mobil Tua? Ini Tips Pentingnya

1. Melalui Aplikasi

Sebenarnya GPS yang ditanam di dalam mobil menjadi satu kesatuan aplikasi yang terhubung dengan ponsel. Oleh karena itu, tindakan mengaktifkan, mengontrol, melacak, hingga menonaktifkan bisa dilakukan via aplikasi. Tinggal buka saja aplikasi tersebut di ponsel dan pilih menu untuk mematikan fungsi GPS.

Jika mobil yang menggunakan GPS belum memiliki aplikasi bawaan, ada banyak aplikasi GPS yang tersedia. Sobat Kabaroto bisa menambahkannya sendiri. Sebagai contoh, ada aplikasi dengan fitur cut engine berbentuk tombol yang dapat dipakai untuk mematikan GPS.

Baca Juga : Tips Mengemudi Go Green, Ini Yang Dilakukan Daihatsu Bagi Pengendara Mobilnya

2. Melalui Pesan Singkat

Cara kedua mematikan GPS juga bisa melalui pesan singkat atau SMS yang dikirimkan ke nomor tertentu. Biasanya, pemilik kendaraan cukup mengirim pesan dengan format simpel untuk menonaktifkan fungsi GPS di dalam mobil.

Sebagai catatan, untuk mengetahui nomor dan format pesannya pemilik harus menanyakan ke pihak penyedia aplikasi GPS. Atau kalau GPS sudah terpasang di mobil, bisa lihat di buku panduan pengguna.

3. Melalui GPS Jammer

GPS jammer merupakan alat pendeteksi sinyal pada perangkat pelacak yang sekaligus bisa menghilangkan sinyal GPS. Cara kerjanya adalah dengan diletakkan di dalam kabin mobil dan ditunggu dulu selama lima menit.

Setelahnya, sinyal GPS yang dipancarkan oleh sistem dalam mobil akan hilang. Secara otomatis juga, fungsi GPS di kendaraan akan nonaktif atau mati.