Blackberry Siap Jajal Pasar Mobil Driverless

Acrul Affandy
Acrul Affandy 27 Dec 2015 - 03:35
Blackberry Siap Jajal Pasar Mobil Driverless
Perusahaan Smartphone Blackberry mengungkapkan keinginannya untuk masuki pasar mobil driverless. (Foto: Autoevolution.com)

Perusahaan smartphone asal Kanada, BlackBerry, mengungkapkan jika perusahaannya siap terjun ke pasar mobil driverless (nirsupir). Hal ini diungkapkan sendiri oleh bos Blackberry John Chen.

Dilansir laman Autoevolution, perusahaan Kanada yang terkenal dengan produk smartphone-nya ini akan hadir untuk memberikan teknologi dan solusi bagi para pebalap di ajang International Consumer Electronics Show di Las Vegas, AS, Januari 2016 mendatang.

BlackBerry sebenarnya bukan lagi pemain baru dalam dunia automotif, sebelumnya perusahaan tersebut telah mengembangkan sistem infotainment untuk jutaan mobil. Baru-baru ini, perusahaan yang berbasis di Waterloo ini telah menjalin kerja sama dengan Luxoft untuk bekerja pada teknologi mengemudi semi-otonom.

Teknologi Luxoft, yang disebut CVNAR dapat disesuaikan dengan spesifikasi kustom sebuah mobil, teknologi ini siap ditawarkan sebagai solusi hardware-independen untuk head-up display, LCD atau kacamata AR.

Saat ini, banyak produsen mobil yang menggunakan sistem semi-otonom di kendaraan mereka. Hal ini dapat membantu pengguna untuk secara otomatis mengubah jalur atau rem, tetapi produsen jelas akan mengembangkan mobil sepenuhnya otonom sebagai mobil masa depan.

"Kami memiliki keinginan melakukan kolaborasi dengan perusahaan seperti Google, Apple atau Tesla karena platform perangkat lunak BlackBerry bekerja sama dengan mobil Google atau Apple. Saat ini software kami telah berada di dalam sekitar 60 juta mobil yang berada di jalan, maka jelas kami akan melangkah ke tahap berikutnya," tutur John Chen.

Baca Juga: