POPULAR STORIES

BMW Akan Siapkan Wireless Charger Cepat Untuk Motor Listriknya

BMW akan Siapkan Wireless Charger Cepat untuk Motor Listriknya Sumber : bmwmotorcycles.com

KabarOto.com – Era dunia otomotif sekarang memang sudah terlihat bahwa kedepannya kendaraan listrik akan mendominasi. Baik pabrikan motor atau mobil sudah menyadari bahwa pentingnya menjaga lingkungan sejak sekarang.

Begitu juga teknologi terus dikembangkan untuk memunculkan inovasi-inovasi baru demi mempermudah pengguna. Salah satu contohnya dilakukan oleh BMW Motorrad yang sedang mengembangkan teknologi pengisian daya wireless nih. Fitur tersebut sudah dipatenkan pada November 2019. Dan, sempat digunakan di BMW 530e yang dapat mengisi penuh dalam waktu 3,5 jam.

Teknologi pada BMW 530e sudah bisa wireless charging

Teknologi ini memang bukan sebuah hal baru, sebab sudah dipakai namun memang medianya berbeda. Sebab biasa pengisian daya tanpa kabel hanya dilakukan untuk smartphone.

Baca Juga : Mobil Listrik Nissan Leaf Bisa Drifting?

Tapi secara keseluruhan cara kerja alat ini hampir mirip, kok. Konsep caranya ialah, terdapat pad atau bantalan berisi koil AC, ditaruh di bawah untuk nantinya menjadi tempat berpijak standar samping, jika ada metal mendekati maka terjadilah induksi listrik sehingga proses pengisian bisa terjadi.

Namun namanya penemuan baru pasti belum sempurna. Karena teknologi ini masih tertinggal jauh untuk waktu pengisian dayanya daripada cara konvensional dengan kabel. Memerlukan waktu beberapa jam agar daya terisi penuh. Berbeda dengan fitur fast charging yang diusung Harley-Davidson LiveWire dan Lightning Strike cuma butuh 40 menit saja.

Baca Juga : Piaggio Rilis Bajaj Tenaga Listrik Nih

Begini konsep cara kerja wireless charging motor listrik BMW.

Penggunaan wireless charger ini juga dinilai lebih rapih tanpa banyak kabel. Serta efektif jika ditempatkan di tempat pengisian umum. Yah, semoga saja projek pengembangannya cepat selesai dengan hasil memuaskan.