BMW M 1000 RR, Senjata Baru Lawan Rival Superbike

BMW M 1000 RR, Senjata Baru Lawan Rival Superbike

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto menyukai mobil BMW yang kencang dan sebuah motor secara bersamaan, maka harus lihat BMW M 1000 RR yang baru saja meluncur. Seperti yang diketahui, huruf M pada mobil BMW berarti performa, hal itu pula yang diaplikasikan ke motornya.

Tahun bergulir, kesuksesan BMW di roda dua tentu tak luput dari peran superbike mereka seperti motor balap HP4. Namun, nampaknya BMW ingin sesuatu yang berbeda, yakni menggabungkan kedua elemen performa yakni motor dan mobil menggunakan huruf M-nya tersebut.

BMW M 1000 RR merupakan motor pertama dari BMW Motorrad yang dirancang dengan DNA mirip mobil-mobil M Power mereka, yakni berorientasi pada performa.

Seperti mesinnya yang mengusung konfigurasi 4 silinder segaris yang bisa memuntahkan tenaga 212 dk, lebih tinggi ketimbang S1000RR yang memproduksi tenaga 205 dk.

Baca Juga: All New BMW M4 2021 Meluncur, Siap Untuk Harian Dan Sirkuit

Hal tersebut didapat karena modifikasi pada bagian ring piston dengan material forged, slimmer dan rocker arm yang lebih ringan. Selain itu lubang intake juga dimodifikasi berbarengan dengan klep berbahan titanium.

Pihak BMW juga melucuti bagian yang bisa diganti dengan material lebih ringan. Diantaranya piston, stang piston balap dan knalpot Akrapovic yang juga turut mereduksi bobot kendaraan.

Suspensi upside down 45mm dan kaki-kaki belakang dioptimalkan dengan wheelbase yang bertambah panjang 0,7 inci juga ketinggian motornya yang telah direvisi. Peleknya pun terbuat dari carbon fiber dan cakramnya berdiameter 320 mm 4 piston.

Adapun fitur lain seperti adjustable throttle curves, 5 riding modes, launch control, dynamic traction control, hill-start control, pit lane limited, navigasi dan layar TFT 6,5 inci. Harganya di Inggris sekitar Rp 587 jutaan, sampai Indonesia jadi berapa, ya?