POPULAR STORIES

All New BMW M4 2021 Meluncur, Siap Untuk Harian Dan Sirkuit

All New BMW M4 2021 Meluncur, Siap untuk Harian dan Sirkuit Sumber Foto : BMW

KabarOto.com – BMW baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari sedan coupe performa mereka yaitu All New BMW M4. Untuk generasi terbaru ini, memiliki dua opsi pilihan yaitu M4 Coupe dan M3 Coupe Competition yang lebih bertenaga. BMW M4 terbaru ini meluncur bersama saudaranya yaitu BMW M3.

Pada bagian eksterior, ubahannya cukup ekstrem dengan Kidney Grile ukuran yang besar ketimbang line-up lainnya. Gril yang besar tadi diapit oleh lampu utama yang tajam dengan teknologi LED dengan DRL berbentuk setengah heksagonal, BMW juga memberikan opsi LED laser untuk lampu utama.

Baca Juga : Begini Spesifikasi Buasnya BMW M3 Competition Sedan Baru

Pada bagian lekukan bodi lebih tegas dengan sudut-sudut tajam, hal ini berfungsi untuk aerodinamika yang lebih. Lalu terdapat air scoop di kap mesin dan air duct untuk mendinginkan radiator. Lalu pada setiap sisi terdapat ventilasi untuk mendinginkan rem, dan diteruskan ke fender samping untuk mengalirkannya.

Pada bagian samping, All New BMW M4 sudah mendapatkan atap dengan bahan karbon fiber dan terdapat opsi moon roof. Penggunaan pelek yang sama dengan BMW M3 yaitu motif Y spoke 5 palang, dengan finishing black glossy yang terbuat dari bahan material forged lightweight alloy.

Untuk ukuran pelek sendiri ini menarik Sob, karena untuk bagian depan ukuran 18 inci sementara belakang 19 inci. Untuk varian Competition bagian depan ukuran 19 inci dan belakang 20 inci.

Pada bagian suspensi sudah menggusung Adaptive M Suspension agar lebih nyaman tetapi tetap rigid. Untuk menyeimbangi performa, All New BMW M4 dilengkapi rem kaliper berwarna emas dengan 6 piston untuk bagian depan dan 1 piston dibelakang.

Pada bagian belakang, menggunakan spoiler model duck tail dengan lampu belakang sudah full LED. Tampilannya makin sporty berkat diffuser yang agresif dikombinasikan dengan quad-muffler.

Bicara soal performa, All New BMW M4 dibekali mesin 6 silinder segaris berkapasitas 3.000 cc disokong M TwinPower Turbo. Untuk M4 Coupe memiliki keluaran tenaga 480 dk dan torsi 550 Nm, sementara untuk varian Competition memiliki keluaran tenaga 510 dk dan torsi 650 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dan disambung ke transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 8 percepatan Steptronic.

Dari hasil tes, untuk varian M4 Coupe 0-100 kpj tuntas dalam 4,2 detik. Sementara varian M4 Competition dapat melesat 0-100 kpj tuntas dalam 3,9 detik, untuk kecepatan maksimalnya dibatasi hingga 250 kpj namun, dengan paket M Driver Package M4 memiliki kecepatan maksimal hingga 290 kpj.

Baca Juga : BMW M 1000 RR, Siap Menantang Ducati V4R

Rencanannya, BMW akan meghadirkan varian xDrive untuk trim Competition pada tahun depan. Nantinya, varian xDrive memiliki sistem Active M Differential di roda belakang yang memungkinkan pengemudi memilih mode 4WD atau 4WD sportmode dengan tenaga mesin 80% disalurkan ke roda belakang.

Pada bagian interior, sebenarnya mirip dengan BMW M3 namun, untuk M4 aksen interior didominasi warna biru dengan sedikit aksen kuning pada jok depan model sporty. Untuk jok ini memiliki opsi M Carbon Seats yang memiliki bobot lebih ringan. Selain itu, BMW juga menyediakan opsi M Carbon Bucket seat jika mencari kursi yang dapat menopang badan secara sempurna.

Bicara soal head unit, M4 mendapatkan layar berukuran 10,3 inci dan instrumen kluster 12,3 inci dengan tampilan khusus BMW M. Head unit ini sudah memakai sistem iDrive 7.0 yang sudah mendukung sistem navigasi satelit, Apple CarPlay dan Android Auto dan sudah dibekali dengan BMW personal voice assistant sebagai standar. Jika kurang puas, terdapat opsi head-up display.

Pada bagian lingkar kemudi model tiga palang ini lengkap dengan audio steering switch, cruise control dan paddle shift.

BMW juga menawarkan paket M Drive Proffesional yang termasuk paket untuk trackday yang bisa menganalisa beberapa hal seperti driving lines, dan catatan waktu di trek. Bagi Sobat yang menyukai drift, ada juga M Drift Analyzer yang dapat merekam durasi drift, jarak yang ditempuh dalam satu kali drift, sudut kemiringan saat drift dan menampilkan nilai dari tiap drift yang dilakukan.

Selain paket untuk trek, All New BMW M4 2021 juga memiliki paket Active Driving Assistant Package yang termasuk Lane departure warning, speed limit information, active blind-spot detection, rear cross-traffic alert, dan rear-automatic emergency braking.

Baca Juga : Ini Asal Muasal Penamaan Toyota Gazoo Racing

Sedangkan untuk varian Competition hadir dengan paket lebih lengkap dengan tambahan fitur full-speed adaptive cruise control, traffic jam assit, active lane-keep assist, blind-spot monitoring dan high-speed automatic emergency braking.

All New BMW M4 2021 hadir dengan warna spesial yaitu Sao Paolo Yellow, dan warna lain seperti Alpine White, Black Sapphire, Brooklyn Grey, Oxide Grey, Portimao Blue, Toronto Red, dan lainnya. Bicara soal harga, BMW M4 2021 mulai dari US$71.800 atau setara Rp 1,07 miliar, sementara untuk varian Competition US$74.700 atau setara Rp 1,1 miliar.