POPULAR STORIES

BMW M 1000 RR, Siap Menantang Ducati V4R

BMW M 1000 RR, Siap Menantang Ducati V4R Sumber Foto : BMW Motorrad

KabarOto.com – BMW Motorrad akhirnya meluncurkan superbike teranyarnya yang berbasis dari S1000RR terbaru. Pada akhir 2018 lalu, BMW menawarkan paket upgrade M Performace yang hanya mewarkan upgrade tampilan dan tuas rem saja tanpa upgrade performa mesin.

BMW Motorrad menggunakan kata M untuk mendefinisikan performa tinggi untuk divisi BMW, dan motor ini tertuju kepada konsumen yang mementingkan performa.

Baca Juga : BMW X3 M Dan X4 M Diperkenalkan Di Surabaya

Pada akhirnya pihak BMW Motorrad meluncurkan BMW M 1000 RR, memiliki nilai jual utama pada bagian performa, menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 998 cc dengan teknologi BMW ShiftCam. Teknologi mengatur bagian valve timing dan valve lift ini sudah di modifikasi.

Alhasil, mesin ini mampu meletupkan tenaga 212 dk yang dapat dicapai putaran mesin 14.500 rpm dan torsi 113 Nm di 11.000 rpm. Tenaga ini lebih besar 17 dk namun torsi tetap sama dengan S1000 RR. Selain itu, penggunaan piston lansiran Mahle dengan ruang bakar yang sudah disesuaikan.

Dengan ini kompresi mesinnya lebih tinggi yaitu 13,5. Penggunaan sistem knalpot lansiran Akrapovic yang lebih ringan dan lebih ramping ini tebuat dari bahan titanium.

Baca Juga : Komponen M Performance Bikin BMW S 1000 RR Lebih Menggiurkan

Selain faktor mesin, tentunya bagian aerodinamika juga diperhatikan. Penambahan winglet baru yang terbuat dari bahan carbon membuat downforce yang lebih baik.

Pihak BMW klaim winglet carbon ini selain menambah downforce, winglet ini membantu kondisi ‘late braking’ saat memasuki tikungan dan lebih stabil saat ‘cornering’.

Selain itu, beban tambahan roda juga ditambahkan agar menambah grip ban. Lalu, bagian traction control sekarang lebih fokus pada akselerasi.

Pada bagian sasis, M RR masih sama dengan S RR namun ada beberapa ubahan yang dilakukan seperti, bagian suspsensi upside-down yang dioptimalkan serta suspensi belakang yang direvisi dengan tambahan teknologi Floater Pro Kinematics.

Tenaga lebih besar tentu harus lebih mudah di kontrol, pada bagian pengereman sudah menggunakan rem spesial dari M berwarna biru. Selain itu penggunaan pelek M berbahan carbon, dan penggunaan teknologi baru agar nyaman saat dibawa di jalan raya maupun di sirkuit.

Pada bagian instrumen kluster masih sama dengan S RR namun, penggunaan animasi logo M saat menyalakan mesin. Selain itu terdapat fitur opsional yaitu sebuah kode aktivasi yang termasuk M Competition package. Paket ini termasuk M GPS laptrigger dan M GPS data logger melalui OBD.

Baca Juga : Hanya 12 Unit Dan Ludes, Toyota New GR Supra Diluncurkan Di Indonesia

Jika konsumen tidak puas dengan M 1000 RR, BMW memberikan paket upgrade M Competition package. Selain M GPS, ada beberapa part yang ditawarkan yaitu, M Carbon untuk swingarm yang lebih ringan 220 gram, bebas servis dan rantai M Endurance yang sudah dicoating.

Dalam keadaan standar, motor ini memiliki beberapa riding mode seperti, Rain, Road, Dynamic, Race dan Race Pro 1-3.

Selain itu, karakteristik respon tarikan mesin juga bisa diatur dalam mode Race Pro.

Agar memudahkan saat memindahkan gigi, M RR sudah dilengkapi Shift assistant Pro untuk menaikan dan menurunkan gigi tanpa kopling alias Quickshifter up and down.

Bicara soal harga, pihak BMW Motorrad belum menyinggung nih Sob jadi kita tunggu saja!