BMW Motorrad Rambah Grand American Tourer

BMW Motorrad Rambah Grand American Tourer

KabarOto.com - BMW Motorrad terus melebarkan pilihan ke konsumen baru di daratan Amerika. Menambahkan Grand American Tourer di keluarga BMW R 18 dengan bermain di kelas "Bagger" hadirkan dua pilihan BMW R 18 Transcontinental dan BMW R 18 B.

Fitur spesial di BMW R 18 Transcontinental memang jauh berbeda berbanding basis awal R 18, seakan mengimbangi brand legendaris Indian Motorcycles. Disajikan untuk pengendara yang doyan bepergian jauh sendirian memerlukan penempatan barang dan bagasi luas.

Baca juga: Meluncur Akhir Tahun, Honda ADV 350 Pakai Mesin Honda Forza



Ada fairing dan mika penahan angin yang lebar dan tinggi. Kokpit disajikan empat analog dan satu layar warna TFT 10,25 inci. Disematkan lampu tambahan, sistem suara dari Marshall, batang pelindung mesin, tas, tas bagian atas, pemanas jok, trim krom, dan warna mesin silver metalik.

Sementara itu untuk BMW R 18 B tanpa dilengkap tas bagian atas, diperkental bergaya "bagger" adalah windshield dibuat lebih pendek, jok lebih ramping, dan mesin berwarna hitam pekat.



Keduanya masih tetap usung mesin 2 silinder BMW boxer terkuat sajikan torsi. Tak sekadar dipasangkan dari R18, namun sudah ada penyesuaian dari kapasitas 1.802 cc. Tenaga kerahkan 91 dk pada 4.750 rpm dan torsinya 150 Nm yang bermain di putaran 2.000 - 4.000 rpm.

Suspensi depan dibuat mewah dengan diberi selubung, ditambahkan pula pegas cantilever membuat diameter menjadi 49 mm. Jarak mainnya 120 mm di depan dan belakang. Cakram ganda di depan dikawal empat piston kaliper berpadu dengan BMW Motorrad Full Integral ABS.



Dynamic Cruise Control (DCC) menjadi fitur standar membuat pengendara lebih santai ketika melaju di jalur bebas hambatan. Tanpa harus menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan, akan melakukan deselerasi dan mengatur jarak ke kendaraan di depan. Hal ini berkat Active Cruise Control (ACC) adanya sensor di fairing depan, motor akan melaju lagi apalagi kendaraan di depan mulai meningkatkan kecepatan. ACC juga mendukung aman ketika menikung.



R 18 Transcontinental First Edition dan R 18 B First Edition pastinya jadi koleksi langka penggemar motor besar. Bisa dijumpai wujud baluran hitam klasik dengan double-lining putih. Highlight adalah permukaan yang didesain spesial berupa Chrome Package, jahitan mewah di jok dan ada tulisan "First Edition".

Baca juga: KTM RC 8C Terjual 100 Unit dalam Waktu Singkat



Apabila ada konsumen yang masih gatel melakukan eksplorasi bisa simak ragam komponen aksesori dari "Option 719". Tentunya membuat R 18 Transcontinental dan R 18 B milik Sobat KabarOto lebih nyentrik!