BMW R 18 Dragster, Ini Racikan Roland Sands

BMW R 18 Dragster, Ini Racikan Roland Sands

KabarOto.com - Builder motor kondang asal Amerika, Roland Sands, masih menjadi andalan BMW Motorrad untuk mengemas inspirasi bagi konsumen. Rabu kemarin (5/8), hadirkan mahakarya terbaru berbasis BMW R 18.

Mesin dua silinder Big Boxer tersebut terlihat lebih dominan, karena Roland Sands menghadirkan gaya khusus lintasan lurus. Diberi nama BMW R 18 Dragster.

Baca juga: Awas, Tilang Ganjil Genap Mulai Berlaku Hari Ini



"Mesin yang menjadi pusat perhatian, saya langsung membayangkan muscle cars. Keluarga saya sangat senang akselerasi cepat dan ayah saya pembalap drag," buka Roland.



Dirinya langsung menerjemahkan R 18 menjadi karya untuk lintasan lurus dan kemasannya kental akan kecepatan di lintasan lurus. "Akhirnya, keajaiban terjadi ketika kita wujudkan dari sketsa menjadi nyata," sahut Roland.



Kesulitan saat membuat motor custom ini adalah kelistrikan, karena builder yang pernah meracik BMW R NineT ini, menempatkan nitrous oxide. "Melepaskan knalpot standar dan mengubah lubang pasokan udara. Memang ada sedikit eksperimen, tapi kita bisa tangani!"



Sudut geometri motor masih dipertahankan oleh tim Roland, hanya memperpanjang bagian belakang sehingga lebih berkesan rebah. Tak ketinggalan menyertakan fender depan dan belakang di frame modifikasi.

Beberapa hal di R 18 diakui Roland masih dipertahankan. Cukup beralasan dirinya sangat menghargai kerja keras para peancang motor. "Setiap membuat konsep motor ada prosesnya, terkadang membuatnya hingga 200 contoh motor."

Hal itulah yang melatari Roland ingin arwah dari R 18 tetap terjaga. Karena hal tersebut sangat penting menjaga otentik dan fungsionalnya. Hanya detail hasil karya Roland Sands yang cukup menyita perhatian, seperti rumah speedometer, clamp batang kemudi, peninggi kemudi, grip hingga spion.

Baca juga: BMW R 18, Mengembalikan Lagi Nyawa Sang Legenda



Detail lainnya yang khas Roland Sands berupa elemen penutup mesin, tutup bensin hingga penutup knalpot. Oh iya, seniman pin-stripes juga dirangkul yakni Chris Wood. Begitu juga dengan jok, hasil rancangan RSD custom dibuat oleh Saddlemen.


Komponen dari keluarga motor BMW juga dipakai. Mulai dari suspensi depan memakai BMW R nineT. Sistem pengereman dibuat lebih meningkatkan kepercayaan diri, diambil dari superbike BMW S 1000 RR.