BMW R 18, Mengembalikan Lagi Nyawa Sang Legenda

BMW R 18, Mengembalikan Lagi Nyawa Sang Legenda

KabarOto.com - Bergaya motor klasik disuguhkan oleh BMW Motorrad di motor terbarunya BMW R 18. Yup, motor ini seakan membawa seluruh warisan budaya yang dimiliki merek asal Jerman ini, salah satunya BMW R 5.



Tak ada tarikan tajam yang menunjukkan kesan sebagai motor kencang. Hanya keindahan lekukan dan teknologi mesin boxer sebagai suguhan khas kesenangan dan pengalaman berkendara.



Apa yang ada di bagian bawah paha pengendara R 18 adalah mesin terbaru boxer dua silinder, disebut "Big Boxer". Tak ada radiator di sana, bernar murni pendinginan melalui udara, sama seperti mesin ini diperkenalkan tahun 1923.

Baca juga: Dampak Corona, Yamaha Berhenti Produksi Motor



Oh iya, kapasitas silinder mesin boxer ini mencapai 1.802 cc, klaim tenaganya mencapai 91 dk pada 4.750 rpm. Pastinya Sobat KabarOto akan terkagum dengan limpahan torsinya 150 Nm pada putaran 2.000 hingga 4.000 rpm.



Desain tangki bergaya pear-drop memeluk frame tubular ganda yang terkesan rigid untuk bagian belakang. Tapi nyatanya BMW Motorrad telah merancang lengan ayun untuk mendapat redaman ketika perjalanan jauh dengan jarak main 90 mm.



Sedangkan suspensi depan gunakan model teleksopik dengan travel-dependent damping serta adjustable spring untuk memungkinkan kontrol roda ke permukaan jalan lebih mantap dan nyaman. Diameternya mencapai 49 mm dan jarak main suspensi 150 mm.

Baca juga: Kece Nih, Arai Bakal Rilis Helm Isle of Man TT Edisi Terbatas!



Mesin yang kuat torsinya, R 18 dibekali sistem deselerasi cakram ganda untuk depan dan tunggal di bagian belakang. Mempertahankan kesan klasik, pelek gunakan model jeruji.



Menikmati sentakan tenaganya, BMW Motorrad menghadirkan tiga mode pengendaraan "Rain", "Roll", dan "Rock", bersanding dengan Automatic Stability Control (ASC) dan Engine Drag Torque Control atau disebut MSR. Selain itu ada juga Reserve assist dan Hillstart Control.



Bagi Sobat KabarOto yang ingin menebusnya, sepertinya harus segera gali informasi dijual terbatasnya BMW R 18 First Edition. Tentu ada perbedaan dengan versi massal. Seperti kelir klasik hitam mengilap dengan pengecatan pinstriped putih. Bertabur chrome pastinya serta badge di jok dan ada tulisan "First Edition" di bagian samping motor.



Bila masih tak puas dengan tampilan standar tersebut, BMW Motorrad menggandeng builder kondang Roland Sands untuk menghadirkan koleksi aksesori yakni "Machined" dan "2 Tone Black" untuk R 18.


Tak ketinggalan bersanding dengan brand terkenal yakni Mustang Seat serta sistem knalpot "Made in USA" yakni Vance & Hines.