BMW R18 Kustom Gaya Bobber Namun Pakai Fairing

BMW R18 Kustom Gaya Bobber Namun Pakai Fairing BMW R18 Gaya Bobber. Dok: Mandrill

KabarOto.com - Mandrill Garage adalah builder motor kustom dari Beijing, Tiongkok yang karyanya sudah cukup terkenal di dunia motor kustom. Salah satu kreasi terbaru mereka merupakan BMW R18, namun dengan gaya unik yakni perpaduan dari Bobber dan fairing klasik Café Racer.

Bukan sembarangan kustom, motor yang diberi nama ‘Dark Phoenix’ ini melalui proses canggih. Sebab, beberapa bagian bodi dicetak menggunakan pencetakan 3D logam dan plastik. Sehingga hasilnya bisa presisi sesuai model.

Mulai dari bagian depan, R18 ini mendapat fairing di mana gayanya cukup klasik dan unik karena bagian windshield-nya hanya berbentuk oval. Lalu desain fender hanya setengah bagian, menggunakan bahan plastik dan pemasangannya dibaut ke braket yang dicetak menggunakan proses laser layering.

Baca Juga : Aksesori Hornig BMW R 18 Aplikasikan Gaya Cruiser Klasik

Serta juga kita lihat ada lampu kecil diposisi spatbor depan. Itu juga dibuat menggunakan 3D printer. Begitu juga dengan lampu belakang di bagian belakang yang desainnya sangat klasik tersebut.

Namun, masih ada beberapa bagian diproduksi dengan buatan tangan, dipotong dan dibentuk dari aluminium. Seperti tangki bensin yang didesain ulang, lalu jok belakang dan bagian ekor juga dikustomisasi agar menyesuaikan konsepnya.

Baca Juga : BMW R18 M Modifikasi Ala Bobber

Hal lain patut diapresiasi adalah, Mandrill berusaha masih mempertahankan semua titik orisinal, sasis, dan mesin bawaan motor yang dibekali mesin dua silinder Boxer dengan kapasitas 1.802 cc. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 91 dk pada 4.750 rpm dengan torsi 150 Nm di 2.000 rpm. Tenaga itu tersambung ke transmisi manual 6 percepatan kopling kering, lalu disalurkan melalui gardan.