BMW R18 Magnifica Modifikasi Ekstrem Tak Terlihat Aslinya

BMW R18 Magnifica Modifikasi Ekstrem Tak Terlihat Aslinya Dok : BMW Motorrad

KabarOto.com - BMW Motorrad meluncurkan R18 modifikasi yang cukup ekstrem. Proyek ini dinamakan R18 Magnifica, motor ini merupakan buatan tangan Andrea Radaelli dari Radikal Chopper, atas permintaan Raffaello Polchi, pemilik Officine Riunite Milanesi.

“Motor itu harus hasil kreasi saya sendiri, saya tidak rasanya mau mengeruk atau memodifikasi konsep yang sudah disiapkan dan dikerjakan dengan sangat baik oleh orang lain,” ujar Andrea Radaelli.

Baca juga: BMW R18 Kustom Gaya Bobber Namun Pakai Fairing

Inspirasi desain sepeda motor ini mengambil dari tahun 1920 hingga 1940-an. Hasil dari modifikasi hampir menghilangkan semua bagian bodi asli hingga tak terlihat lagi, uniknya desain semua merupakan hasil karya tangan kreatif Andrea, berdasarkan sketsa sepeda motor, tanpa menggunakan CAD atau rendering.

Dimensi dan ukuran ban detail bodi tetap sama seperti standarnya hanya modelnya diubah menggunakan bahan-bahan seperti kuningan dan aluminium.

Untungnya semua fungsi tersedia tanpa dikurangi modifikasi sistem kelistrikan, cakram rem, dan kaliper dibuat khusus menyesuaikan bentuknya. Lalu jok terbuat dari kayu mahoni dengan finishing melingkilap dan didesain sehingga terlihat seperti melayang.

Baca Juga : Aksesori Hornig BMW R 18 Aplikasikan Gaya Cruiser Klasik

Sementara tangki bensin terdapat emblem bertulis Radikal Chopper yang memberi kesan eksklusif, sistem knalpot pun diganti menggunakan model lebih pipih, serta tidak memiliki lampu depan. Dengan semua ubahan tersebut bobot R18 Magnifica lebih ringan sekitar 250 - 260 kg saja, sementara aslinya mencapai 345 kg.