POPULAR STORIES

BMW R18 Resmi Mengaspal Di Indonesia, Harganya Rp 969 Juta

BMW R18 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harganya Rp 969 juta

KabarOto.com - BMW Motorrad Indonesia resmi membawa motor cruiser pertamanya, R18 ke Tanah Air. BMW R18, menjadi model cruiser pertama yang dihadirkan dengan citarasa yang berbeda dari model-model sebelumnya.

Motor ini sendiri resmi diluncurkan ke dunia April 2020 silam, dan langsung mendapat respon positif dari publik global, setelah model konsepnya diperkenalkan tahun lalu. Motor ini dijual dengan harga Rp 969 juta off the road.

Baca Juga: Inilah Wujud Skuter Listrik Pertama BMW Motorrad

Ariel Noah saat perkenalan BMW R18

Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia mengatakan, pihaknya sangat antusias untuk dapat menghadirkan cruiser terbaru ini ke Indonesia. "Model ini sangat unik dengan mesin boxer terbesar dari yang pernah ada,” tuur dia di, BMW Motorrad, TP Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (24/11).

Turut hadir dalam peluncuran tersebut Ariel NOAH yang didapuk sebagai Brand Ambassador BMW R18 sekaligus pemilik pertama cruiser itu.

"Saya percaya dengan teknologi yang disusupkan pada tiap lini model BMW Motorrad, termasuk BMW R18. Selain kesan klasik khas yang ditonjolkan, saya yakin riding jauh menggunakan BMW R18 makin menyenangkan," ungkap Ariel Noah.

Motor ini sendiri resmi diluncurkan ke dunia April 2020 silam

BMW R18 tampilannya seakan membawa nilai history dalam masa kejayaan BMW R 5, yang kental dengan sisi klasiknya. Desain klasiknya dihadirkan pada era millenial melalui BMW R 18.

Motor ini memiliki lima kelebihan yang ditawarkan, yaitu rangka double-loop, tangki tear-drop, gardan yang bisa terlihat, serta cat berpola garis-garis seperti BMW R5 tentu desain bentuk mesin Boxer yang terlihat besar.

BMW Motorrad Indonesia menghadirkan R18 First Edition, yang menggabungkan sentuhan warna hitam klasik dengan garis putih dipadukan dengan krom di beberapa komponen, seat badge dan emblem 'First Edition' di bagian samping.

Speedometer berbentuk bulat khas motor hadul

Motor ini menggendong mesin 1.802 cc, berkonfigurasi dua silinder yang mampu menghasilkan 91 dk pada 4.750 rpm dengan torsi puncak 157 Nm di putaran 2.000 sampai 4.000 rpm. BMW R18 juga dibekali empat katup dengan camshafts overhead ganda di setiap silindernya.

BMW R18 juga dilengkapi dengan perangkat BMW boxer klasik, kopling kering single disc besar dan transmisi manual enam percepatan. Kenyamanan berkendara terutama saat melakukan perjalanan jauh, posisi kaki dan tempat duduk yang dirancang ergonomis tetapi tetap bergaya cruiser bagi pengemudinya.

Mesin boxer

Baca juga: Belum Berani Balapan Di MotoGP, Inilah Alasan BMW Motorrad

Untuk menghentikan tenaga mesin yang cukup besar, sistem pengereman dibekali dengan cakram ganda di depan dan tunggal di belakang, dijepit kaliper empat piston.

BMW R18 dibekali tiga mode berkendara, yaitu Rain, Rock dan Roll. Ketiga mode ini memiliki fungsi untuk mengatur akselerasi, cara kerja rem ABS, ASC dan fitur keamanan lainnya.

Rem cakram depan ganda

Fitur keamanan yang paling terbaru di lini BMW Motorrad adalah engine drag torque control (MSR). Di tambah lagi fitur Automatic Stability Control (ASC) untuk mengatur sinkronisasi putaran roda belakang dan roda depan, meningkatkan faktor keamanan saat berkendara. Tersedia reverse assist yang membantu memundurkan motor saat parkir.

Anda berminat?