POPULAR STORIES

BMW Resmi Luncurkan S 1000 XR Di Indonesia

BMW Resmi Luncurkan S 1000 XR di Indonesia BMW S 1000 XR (BMW)

KabarOto.com - Setelah diperkenalkan tahun lalu dalam ajang EICMA 2019 oleh BMW Motorrad Global, pada Senin (27/04) malam, BMW Motorrad Indonesia akhirnya resmi meluncurkan S 1000 XR.

Menariknya, peluncuran motor gede (Moge) tersebut, dilakukan secara virtual melalui tayangan Youtube milik BMW Motorrad Indonesia. Joe Frans, selalu CEO BMW Motorrad Indonesia mengatakan, moge ini hadir dengan konsep sport touring.

Baca Juga: Ternyata Valentino Rossi Punya Ruang Rahasia Di Rumahnya

"Jadi, motor ini merupakan perpaduan antara motor sport dengan adventure," tutur Joe saat acara peluncuran. Seperti diketahui, S 1000 XR merupakan model yang dikembangkan dari S 1000 RR.

Meski S 1000 XR merupakan motor yang diciptakan untuk kaum petualang, namun pengendara masih dapat merasakan sensasi layaknya mengendarai sepeda motor sport sejati.

Perpaduan antara motor sport dan adventure

BMW S 1000 XR dibekali dengan mesin berkapasitas 999 cc 4 stroke, tipe Water/oil-cooled 4 silinder segaris yang diturunkan langsung dari saudaranya S 1000 RR generasi terbaru, tanpa memakai teknologi shiftcam.

Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 165 dk pada putaran mesin 11.000 rpm dan torsi maksimum 112 Nm pada putaran mesin 9.250 rpm.

Mesin dari saudaranya S 1000 RR

"Shiftcam, yang merupakan teknologi unggulan di S1000RR, tidak disematkan karena konsep kendaraan adalah lebih ke on-road, bukan ditekankan untuk kompetisi atau sirkuit," jelas Joe Frans.

Cocok untuk perjalanan jarak jauh

Tenaga yang cukup besar tersebut, lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi Constant-mesh 6 percepatan dengan tipe kopling Multiplate clutch in oil bath. "Meskipun ini motor turing, namun sisi agresif ala motor sportnya masih dapat," tutur pria ramah tersebut.

Baca Juga: "Gabut" Balapan MotoGP, Vinales Makan Steak Pakai Nasi

Canggihnya lagi, perpindahan transmisi S 1000 XR didukung dengan sistem Gearshift Assistant Pro, yang memungkinkan pengendara untuk memindahkan transmisi tanpa perlu menarik tuas kopling.

"Motor ini akan menjadi penantang yang cukup diperhitungkan di kelas sport touring 1000 cc, cocok untuk pengendara motor besar yang suka melakukan perjalanan jauh (touring) dengan karakter berkendara motor sport namun tetap memprioritaskan kenyamanan," pungkas Joe Frans.