BMW Seri 8, Desain Baru Dan Mesin Baru

BMW Seri 8, Desain Baru dan Mesin Baru Foto: goauto.com.au

KabarOto.com - BMW seri 8 hadir dengan 2 pilihan mesin baru, bukan mesin V12, bukan juga mesin hybrid. Melainkan tetap menggunakan mesin bensin dan diesel.

Seri 8 nantinya akan memiliki 2 pilihan, yakni mesin diesel 6 silinder berkapasitas 3.000 cc turbocharged. Mesin ini akan menghasilkan tenaga 335 dk dengan torsi 680 Nm.

Sedang varian mesin bensin, akan menggunakan jenis V8 twin-turbo 4.400 cc, yang menghasilkan tenaga hingga 523 dk dan torsi mencapai 750 Nm.

Mesin diesel nantinya akan dipasangkan pada varian 840d dan menyusul mesin bensin, yang akan dipasangi pada M8 Coupe. Dari mesin tersebut, tenaga disalurkan melalui girboks otomatis 8 percepatan, ke sistem penggerak all-wheel drive atau yang biasa disebut Xdrive oleh BMW.

Baca Juga: Test Ride - Asyiknya BMW G310R Ke Mega Mendung

Selain itu, standarnya dilengkapi Adaptive M suspension dan Integral Active Steering. Teknologi ini memungkinkan roda belakang ikut berbelok saat setir diputar, dan hasilnya adalah belokan yang lebih stabil.

Sementara baru tersedia 2 opsi dan BMW belum akan memakai mesin V12 berkapasitas 6.000 cc. “Sebab V12 sangat berat, sementara sekarang ini kami memiliki distribusi berat yang pas dengan mesin V8 di seri 8 ini,” terang Carsten Groeber, Wakil Presiden Manajemen Produk BMW.

Jika dilihat desain eksterior, pemakaian gril double kidney menjadi menu wajib identitas BMW. Desain lampu DRL LED sipit, juga menghias bagian mata seri 8 ini.

Lihat belakang, juga terdapat lampu rem sipit bermodel garis yang sporty. Plus ada lubang besar pada bagian kanan kiri bumper, yang mendukung downforce. Diffuser baru dengan model knalpot double, juga menambah kesan gahar.

Mengintip interior, mobil ini memiliki desain yang tidak kalah mewah. Perpaduan warna hitam dan coklat dirasa pas untuk menimbulkan kesan sporty nan elegan. Tidak hanya itu, ada tuas persneling baru yang memincut mata, karena terbuat dari kaca.

Panel-panel instrumen juga sudah full layar monitor. Warna dari panel tersebut juga dapat berubah sesuai mode berkendara yang dipilih.

Lanjut ke bagian entertainment system, iDrive pada BMW seri 8 sudah mengusung OS 7.0 dengan layar besar 10,25 inci. Sistem ini bisa diatur melalui layar sentuh, perintah suara (voice command) dan lewat panel tengah dekat persneling. (Deddy Darmanto)

Baca Juga: Test Drive - New Mitsubishi Mirage Exceed A/T