POPULAR STORIES

BMW X5 Protection VR6 Anti Granat Hingga AK-47

BMW X5 Protection VR6 Anti Granat Hingga AK-47 Foto : BMW.

KabarOto.com - BMW baru saja meluncurkan mobil yang cukup spesial, yakni sebuah medium Sports Activity Vehicle (SAV) X5 Protection VR6 untuk orang-orang penting.

Sebab X5 Protection VR6 telah memenuhi ketentuan Asosiasi Laboratorium Uji Bahan dan Konstruksi Tahan Serangan (VPAM) Jerman, termasuk bullet resistant vehicles (VPAM BRV) atau tahan peluru, dan explosive resistant vehicles (VPAM ERV) atau tahan ledakan.

BMW membekali dengan bodi baja berkekuatan tinggi di area sekitar pintu, rangka samping, hingga atap. Tidak heran ada kode VR6 yang berarti perlindungan X5 mampu menahan senjata kaliber 7,62×39 mm seperti AK-47.

Baca Juga : BMW Seri 7 Protection Tahan Tembakan Hingga Ledakan

Selain itu, lapisan baja tahan terhadap serangan lateral 15 kg TNT dalam jarak 4 meter, sementara atap yang melindungi dari alat peledak seperti DTG5. Bahkan pelindung bagian bawah mobil dapat melindungi penumpang dari gelombang kejut, dan efek serpihan berasal dari serangan granat tangan DM51, dan dengan penguatan dapat menahan serangan granat HG85.

Tidak sampai sana saja, tangki bahan bakar memiliki casing khusus yang menutup sendiri setelah terkena peluru untuk mencegah hilangnya bahan bakar, atau bahkan terbakar. Serta alat komunikasi intercom untuk berbicara dengan orang di luar.

Baca Juga : Profil All New BMW M2 Coupe

Mesin memakai V8 twin-turbo, berkapasitas 4.400 cc dengan sistem mild hybrid 48 volt yang menghasilkan total output sistem 530 dk dan torsi 750 Nm. Akselerasinya 5,9 detik, dari 0-100 kpj, dan kecepatan tertinggi 210 kpj.

Kemewahan pun masih diterapkan misalnya adanya layar cluster instrumen digital 12,3 inci dan layar sentuh 14,9 inci membentuk BMW Curved Display, didukung oleh Sistem Operasi BMW 8.5. Lalu interior warna hitam berpadu coklat, dengan kulit Sensafin yang sangat nyaman.

Soal harganya belum diumumkan, namun pengiriman X5 Protection VR6 sudah dijadwalkan akan dimulai pada Februari 2024 mendatang.