BMW X6 Vantablack, SUV Paling Hitam Di Dunia

BMW X6 Vantablack, SUV Paling Hitam di Dunia

KabarOto.com – Memeriahkan Frankfurt Motor Show 2019 dilaksanakan pada bulan September, BMW telah meluncurkan satu versi khusus yakni X6 Vantablack merupakan hasil modifikasi dari produk paling anyarnya, BMW X6 Coupe generasi ke-3.

Versi khusus ini dicat dengan warna Vantablack VBx2 yang menggambarkan kesan warna hitam paling hitam di dunia, berbeda dibandingkan cat mobil pada umumnya.

Cat ini membuat objek menjadi tampak dua dimensi dan kehilangan semua detail desain sehingga penggunaan cat ini tidak cocok untuk mobil. Penggunaan cat berteknologi Vantablack pada BMW X6 menjadi cat yang diaplikasikan pada kendaraan untuk pertama kalinya.

Baca juga: BMW X6 M50i, Varian Paling Bertenaga

Berbicara soal cat Vantablack, cat ini sebenarnya bukan pigmen warna atau cat, tetapi merupakan lapisan nanotube karbon. Kata "Vanta" dalam "Vantablack" merupakan singkatan dari "Array Nanotube Vertikal Aligned.", teknologi ini menghasilkan tampilan warna hitam yang paling hitam.

Cat ini terbuat dari nanotube karbon mikroskopis yang sekitar 5000 kali lebih tipis dari rambut manusia. Artinya, cat ini dapat menyerap hampir semua cahaya yang mengenai permukaan cat ini dan tidak dipantulkan.

Cat Vantablack VBx2 sendiri merupakan cat yang dikembangkan oleh perusahaan Surrey NanoSystem dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014. Teknologi ini awalnya dikembangkan untuk digunakan dalam teleskop ruang angkasa dan peralatan optik lainnya.

Berbeda dengan cat Vantablack asli yang menyerap semua cahaya yang mengenai permukaannya, cat Vantablack VBx2 memungkinkan satu persen cahaya untuk dipantulkan. Dengan begitu, meskipun warna eksteriornya sangat hitam, mereka yang melihat mobil tetap masih bisa melihat bentuk mobil tersebut karena VBx2 masih bisa menampilkan pantulan cahaya dari sudut tertentu.

Baca juga: BMW Luncurkan Model X5 M Dan X6 M Black Fire Editions

Sebelum digunakan untuk melapisi bodi mobil dari X6, Vantablack VBx2 sendiri pernah digunakan oleh arsitek asal Inggris Asif Khan. Cat ini digunakannya untuk disemprotkan ke sebuah paviliun di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan tahun lalu.

Sebagai versi X6 paling hitam, BMW memasang pelek berwarna hitam dan jendela berwarna gelap untuk melengkapi cat Vantablack yang diaplikasikan pada bodi mobil sehingga tidak akan terlihat di kegelapan malam. Namun, BMW tetap memberikan gril krom yang kontras dan headlamp LED di bagian depan, serta aksen krom pada lubang knalpot dan emblem bertuliskan VBX6.

Penggunaan cat Vantablack pada kendaraan sebenarnya telah menuai kontroversi, salah satu artis Anish Kapoor memiliki hak eksklusif atas pigmen asli tersebut untuk keperluan seni yang diterimanya pada tahun 2016. Namun, berkat teknologi Vantablack VBx2 dapat mangatasi kontroversi tersebut karena menggunakan bahan yang sedikit berbeda dari cat Vantablack asli.

BMW VBX6 berlapiskan cat Vantablack ini melakukan debut dan dipamerkan di Frankfurt Motor Show berlangsung dari 12 hingga 22 September 2019. Dilanjutkan dengan peluncurannya di showroom pada bulan November 2019. (Nora Dian Pratama)