BMW X6 M50i, Varian Paling Bertenaga  

BMW X6 M50i, Varian Paling Bertenaga   foto: bmw.com

KabarOto.com - BMW akan memperbaharui varian SUV-nya yaitu BMW X series. Pembaharuan tersebut akan dilakukan pada BMW X6 versi 2020. Secara tampilan, SUV mewah ini tidak banyak berbeda dengan generasi sebelumnya, walau memang terlihat lebih agresif.

Pada BMW X6 M50i, gril masih mirip dengan BMW X6 generasi sebelumnya, kecuali di bagian lampu yang tidak lagi menyatu. Pada gril juga terdapat opsi untuk lampu iluminasi. Bagian bawah bumper juga terlihat berubah, fog lamp berbentuk bulat di bawah lampu utama, kini digantikan lampu DRL kotak memanjang.

Baca juga: Ini Persamaan Toyota Supra Dengan BMW Z4

Bagian samping BMW X6 terbaru ini juga sangat aerodinamis. Terlihat dari lekukan-lekukan, yang mengalirkan angin dari lubang di belakang ban depan. Untuk bagian kaca samping dari BMW X6 terbaru ini juga mirip dengan varian terdahulunya.

Detail-detail kecil yang disematkan BMW di mobil ini terletak di bagian kaca belakang. Dimana ada dua diffuser kecil yang disematkan oleh BMW.

Foto: motor1.com

Hal yang menarik juga di belakang BMW X6 terbaru adalah, lampu belakangnya menjadi lebih tipis. Tentu saja pada BMW M50i ada emblem M. Untuk menunjukkan, varian ini lebih tinggi dibanding varian X6 sDrive40i dan X6 xDrive40i.

Urusan pelek, BMW X6 terbaru ini juga menggunakan diameter besar. Pelek dari BMW X6 M50i menggunakan ring 22 inci. Terlihat juga kaliper rem berwarna biru dengan logo M khas BMW.

Baca juga: Profil - New Peugeot 5008

Sumber tenaganya, varian yang menggunakan mesin V8, 4.400 cc turbocharged adalah X6 tipe xDrive M50i. Mesin ini disambungkan ke transmisi otomatis 8 percepatan, untuk menyalurkan tenaga sebesar 523 dk dengan torsi 750 Nm. Tenaga sebesar itu bertambah sekitar 78 dk generasi sebelumnya, dengan peningkatan torsi sekitar 100 Nm.

Mesin V8 dari X6 M50i memungkinkan SUV tersebut mencapai kecepatan 100 kpj, dari posisi diam dalam waktu 4,1 detik, lebih cepat 0,5 detik dari pendahulunya. Kecepatan maksimal dari SUV ini adalah 249 kpj, itupun dibatasi secara elektronik.

Foto: carbuzz.com

Mesin bertenaga besar tersebut dirasa sangat pas untuk digunakan di bodi BMW X6 yang besar, namun tetap mengedepankan performa tinggi. Bukan sebuah BMW juga jika tidak menggunakan teknologi–teknologi yang canggih.

Interior dari BMW X6 ini sendiri menggunakan teknologi-teknologi canggih. Dilansir dari motor1.com SUV canggih ini menggunakan generasi ketujuh BMW’s Live Cockpit dengan iDrive. Itu termasuk cluster instrument digital 12,3 inci dan layar sentuh pusat 12,3 inci, lengkap dengan fitur standar dan opsional seperti asisten suara "Hei, BMW", gesture control, konektivitas wi-fi, pengisian nirkabel, dan koneksi Apple CarPlay.

Pabrikan yang bermarkas di Munich, Jerman ini menggunakan seperangkat alat bantu pengemudi, seperti adaptive cruise control yang dapat menangani lalu lintas stop and go. Selain itu ada lane keep assistant, yang membantu mengatur mobil untuk tetap berada di jalurnya.

Sensor-sensor untuk menunjang keselamatan pun tidak absen dari BMW X6 ini. Sensor-sensor tersebut seperti pendeteksi Blind Spot, Peringatan Tabrakan Belakang dan Peringatan Tabrakan Frontal (depan).

Walaupun canggih, teknologi-teknologi itu terdapat pada semua varian dari BMW X6. Cukup disayangkan, karena harga yang terpaut antara varian M50i dengan varian lain cukup jauh. Namun fitur dan teknologi yang diberikan, sama dengan varian bawahnya.

Baca juga: Test Drive - All New Toyota Camry 2.5 V Dan Hybrid

BMW X6 M50i terbaru ini, diperkirakan akan launching dan tersedia di diler Amerika pada November 2019. Harganya sendiri berkisar US$85.650 atau jika dikonversi ada di angka Rp 1,2 miliar.

Semoga nanti cepat masuk ke sini ya… (Nikolaus)