POPULAR STORIES

Bocor Di Media Sosial, Ini Penampakan SUV Listrik BMW IX3

Bocor di Media Sosial, Ini Penampakan SUV Listrik BMW iX3 BMW iX3 (Scoot26)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Jerman, BMW, sempat menampilkan sebuah mobil konsep SUV bertenaga listrik bernama iX3 Concept, pada Beijing Auto Show 2018. Sejak saat itu, rumor terkait rencana produksinya bagai timbul dan tenggelam.

Namun, baru-baru ini kabar akan diluncurkannya versi produksi BMW iX3 tersebut, makin mencuat. Apalagi sejak bocornya dua potong gambar iX3, yang beredar di media sosial instagram melalui akun @scoot26.unofficial.

Baca Juga: Efek Virus Covid-19, All New Audi Q3 Dijual Di Online Shop

Bisa dibilang, ini pertama kalinya wujud BMW iX3 tampil secara utuh, tanpa stiker kamuflase. Tetapi, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari BMW terkait gambar iX3 yang telah beredar tersebut.

Dari segi tampilan, wujud iX3 yang akan diproduksi tersebut mirip dengan versi konsepnya. Di bagian depan terdapat kidney grille berukuran besar, yang menjadi ciri khas produk BMW saat ini.

Tetapi, bila diperhatikan, ada perbedaan bentuk kisi-kisi pada gril iX3. Bila pada produk bermesin konvensional BMW menyematkan kisi-kisi berbentuk vertikal guna memperlancar aliran udara untuk mendinginkan radiator, pada SUV listrik ini kisi-kisi tersebut tak nampak.

Aksen berwarna biru menjadi pembeda

Hal tersebut bisa dipahami, karena SUV tersebut memang tak membutuhkan aliran udara tersebut, karena tidak lagi menggunakan pendingin mesin berupa radiator. Sebagai gantinya, BMW menyiapkan lubang udara di bagian bumper untuk mendinginkan perangkat rem.

Desain bumper ini, mirip dengan saudara kembarnya BMW X3 yang bermesin konvensional. Tetapi, pada BMW iX3, bumpernya terlihat lebih minimalis, dengan air scop vertikal di bagian sudutnya.

Salah satu daya tarik dari wujud iX3, adalah penggunaan pelek dengan desain unik Aerodynamic Wheel. Desain unik ini bukan tanpa alasan, karena BMW mengklaim roda tersebut membantu mengurangi hambatan udara sekitar 5% dibandingkan dengan pelek X3 standar, dan juga 15% lebih ringan.

Baca Juga: Ternyata Valentino Rossi Punya Ruang Rahasia Di Rumahnya

Sebagai sumber tenaga, iX3 menggunakan motor listrik yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 210 kW atau setara 286 dk dan torsi 400 Nm. Bila terisi penuh, baterai pada iX3 mampu menyediakan tenaga untuk menjelajah hingga lebih dari 440 km.

BMW mengatakan, SUV listrik terebut nantinya memiliki konsumsi listrik di bawah 20 kWh per 100 km. Dari informasi yang beredar, IX3 akan dibuat oleh BMW Brilliance Automotive di Shenyang, Tiongkok untuk pasar global.