POPULAR STORIES

Bogor Terapkan PSBB Proporsional Selama Satu Bulan

Bogor Terapkan PSBB Proporsional Selama Satu Bulan

Kabar Oto.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Bogor diperpanjang sampai satu bulan ke depan. Hal itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah melalui youtube live di Balaikota, Bogor.

Baca Juga: Bogor Terapkan PSBB, Ini Aturan Untuk Kendaraan Bermotor Dan Angkot

"Kami menyepakati melanjutkan penerapan PSBB proporsional di masa transisi ini," kata Bima Arya usai memimpin rapat evaluasi penerapan PSBB transisi di Balai Kota Bogor. Rapat itu dihadiri unsur Forkopimda yakni, Danrem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Agus Subiyanto, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser, Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Arm Teguh Cahyadi, Kepala Kajari Bogor Bambang Sutrisna, serta Dan Denpom III/1 Bogor.

Di depan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bima Arya mengatakan, PSBB Bogor selama satu bulan ke depan adalah PSBB proporsional pada masa transisi, namun penerapan PSBB agak berbeda dengan PSBB pertama hingga ketiga.

Bima Arya saat memberikan keterangan perpanjangan PSBB di Bogor

Pada masa transisi selama sebulan ke depan ini, akan dilakukan penguatan pada aspek-aspek edukasi dan wilayah. "Dalam forum rapat, Forkopimda mengusulkan, sangat penting untuk menguatkan wilayah, mulai dari RT, RW, kelurahan hingga kecamatan," katanya.

Pertimbangan melanjutkan PSBB proporsional pada masa transisi selama sebulan ke depan adalah kajian dan pembahasan epidemiologi. "Epidemiologi masukan dari tim pakar, diperlukan waktu cukup untuk melakukan kajian dan pembahasan penurunan penyebaran Covid-19," tambahnya.

Pada PSBB pertama hingga ketiga, diperpanjang selama 14 hari dengan pertimbangan masa inkubasi virus corona atau Covid-19 selama 14 hari. "Perpanjangan PSBB saat ini, merujuk pada kajian epidemiologi," singkat Bima Arya lagi.

Baca Juga: Tegas, Ini Sanksi Yang Melanggar PSBB Di Bogor

Dalam perpanjangan PSBB sebulan ke depan, menurut dia, Pemerintah Kota Bogor akan melakukan tahapan-tahapan apa yang masih mungkin dibuka dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dan zonasi yang ditentukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Kota Bogor saat ini, masih pada level tiga atau zona kuning," terangnya.