Bosch Hadirkan Teknologi Untuk Sepeda Motor Masa Depan, Apa Saja?

Bosch Hadirkan Teknologi untuk Sepeda Motor Masa Depan, Apa Saja? Sistem Bosch dapat mencegah sepeda motor dari mengepot atau membenarkan posisinya secara tiba-tiba dan tidak terkendali ketika pengereman di tikungan (Foto: Bosch)

KabarOto.com - Hal sepele namun berbahaya seperti dedaunan basah, tumpahan minyak atau kerikil di permukaan jalan, bisa menyebabkan roda sepeda motor tergelincir ketika melewati tikungan.

Untuk menjaga keselamatan, butuh adanya tambahan daya lateral eksternal. Ini merupakan gagasan di balik penelitian mitigasi tergelincir/sliding mitigation yang sedang dikembangkan Bosch. Mitigasi tersebut menjaga sepeda motor tetap dalam jalur dan mengurangi risiko terjatuh.

Teknologi yang disematkan Bosch berupa sensor yang akan mendeteksi kondisi roda tergelincir menyamping. Apabila mencapai titik tertentu, gas dikeluarkan dari akumulator (seperti airbag pada mobil).

Gas mengalir ke adaptor tangki dan dilepaskan ke arah tertentu melalui nozel. Dorongan terbalik ini dilakukan agar sepeda motor tetap berada di jalurnya.

Bosche juga menawarkan sistem bantuan berbasis radar (radar-based assistance systems) yakni ACC (Adaptive Cruise Control), sistem peringatan tabrakan depan dan deteksi blind-spot.

Dengan radar yang berfungsi sebagai organ sensorik, memungkinkan tersedianya bantuan dan fungsi-fungsi keselamatan baru pada sepeda motor. Lalu teknologi apa saja selain sistem bantuan berbasis radar?

ABS

Di seluruh dunia, semakin banyak negara dan wilayah mewajibkan sepeda motor dilengkapi ABS (Uni Eropa, Jepang, Taiwan, dan Brasil). Sejak 1984, Bosch terus menyempurnakan teknologi ABS sepeda motor untuk menjadikan teknologi keselamatan yang penting.

Berdasarkan riset kecelakaan Bosch, sekitar satu dari empat kecelakaan sepeda motor yang mengakibatkan kematian dan cidera dapat dicegah, jika kendaraan roda dua dilengkapi ABS.

Sejak April 2018, India mewajibkan semua tipe kendaraan roda dua keluaran baru dengan kapasitas mesin di atas 125 cc. ABS 10 dirancang khusus untuk memenuhi persyaratan kendaraan roda dua di pasar negara-negara berkembang.

MSC

Kendali stabilitas sepeda motor MSC menjadi sistem keselamatan all-in-one pertama di dunia untuk kendaraan roda dua.

Dengan memantau parameter kendaraan dua roda, seperti lean angle, sistem dapat dengan segera menyesuaikan pengereman elektronik dan intervensi akselerasinya, agar sesuai dengan status berkendara pada waktu tersebut.

Sistem Bosch dapat mencegah sepeda motor dari mengepot atau membenarkan posisinya secara tiba-tiba dan tidak terkendali ketika pengereman di tikungan. Kondisi ini bisa mengakibatkan kecelakaan sepeda motor.

Sensor 6D baru dalam sistem MSC adalah desain terkecil dan teringan yang tersedia di pasar. Sensor ini secara signifikan meningkatkan fleksibilitas pemasangan dan tidak rentan terhadap getaran.

Baca Juga: Bosch dan Kemenhub Kampanyekan Keselamatan di Jalan Raya