POPULAR STORIES

Bosch Kembangkan Fitur Panggilan Bantuan Untuk Pengendara Motor

Bosch Kembangkan Fitur Panggilan Bantuan untuk Pengendara Motor Ilustrasi kecelakaan motor (Bosch)

KabarOto.com - Boleh dibilang, sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang memiliki risiko kecelakaan paling tinggi.

Bila terjadi tabrakan, pengendara memiliki potensi cedera lebih besar, karena bagian tubuh tidak dilengkapi pelindung selain kepala. Pertolongan yang cepat, sangat dibutuhkan saat pengendara motor mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Namun, masalah timbul bila pengendara motor mengalami kecelakaan tunggal, dimana tidak ada orang yang bisa memberi pertolongan atau menghubungi ambulans.

Mencegah hal tersebut, produsen alat elektronik asal Jerman, Bosch, baru saja mengembangkan fitur Bosch Help Connect, yang terhubung dengan ponsel untuk memberikan respons bantuan darurat bagi pengendara motor.

Sistem ini, terhubung secara digital, dengan mengambil data dari Inertial Measurement Unit (IMU) sepeda motor dan secara otomatis mengirimkan sinyal ke layanan darurat, jika data melebihi parameter yang diprogram.

Skema Bosch Help Connect

"Sensor akan membedakan antara apakah sepeda motor terlibat dalam kecelakaan, atau hanya terjatuh ketika diparkir. Ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari IMU seratus kali per detik, mengukur akselerasi dan kecepatan," jelas Bosch melalui juru bicaranya.

Menggunakan sistem ini, IMU juga akan menghitung posisi dan sudut kemiringan normal sepeda motor. Menariknya, pemilik sepeda motor tak perlu menambah modul lain, cukup dengan IMU yang terhubung ke Bosch Help Connect.

"Hanya menghubungkan ke aplikasi Bosch yang diinstal pada smartphone pengendara melalui Bluetooth. Nantinya, panggilan darurat akan dikirim melalui call center Bosch ke pihak berwenang," ungkap pihak Bosch.

Baca Juga: Mobil Baru Dengan Diskon Di Atas Rp 100 Juta

Canggihnya, data medis pengendara juga dapat terekam dan secara otomatis fitur tersebut dapat memberitahukan ke saudara terdekat atau kontak darurat. "Dengan semua smartphone yang memiliki fungsi GPS, lokasi kecelakaan juga menjadi lebih mudah diketahui," pungkas juru bicara dari Bosch.