POPULAR STORIES

Bosch Pamer Teknologi Listrik Dan Hidrogen Barunya Untuk Kendaraan

Bosch Pamer Teknologi Listrik dan Hidrogen Barunya untuk Kendaraan Bosch Pamer Teknologi Listrik dan Hidrogen Barunya untuk Kendaraan (Bosch)

KabarOto.com - Bosch menghadirkan sejumlah inovasi baru pada produk dan layanannya berbasis teknologi elektrifikasi dan hidrogen mulai dari kebutuhan mobilitas, hunian, hingga industri.

“Kami memanfaatkan sumber energi baru yang berkelanjutan dengan hidrogen memainkan peran sentral," jelas Tanja Rückert, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH di CES 2024 di Las Vegas.

Hadirnya Bosch dalam ajang CES 2024 ditandai dengan penghargaan untuk perangkat mobilitas Automated Valet Parking System dari CTA. Teknologi tersebut dilengkapi sistem parkir valet otomatis yang memungkinkan mobil listrik dapat bergerak sendiri ke stasiun pengisian daya.

Baca Juga: Toyota Mirai Di XEV Center Karawang Jadi Studi Bahan Bakar Hidrogen

Rückert menjelaskan dengan hanya mengendalikan melalui smartphone saja, pengendara dapat mengarahkan kendaraannya ke robot pengisi baterai yang akan melakukan pengisian daya mobil mereka. Selanjutnya kendaraan bermanuver ke tempat parkir dan memberikan tempat pengisian daya untuk kendaraan selanjutnya.

Sebagai komponen utama untuk mobilitas listrik, tingginya permintaan pada semikonduktor inovatif silikon karbida (SiC) menjadikan Bosch semakin fokus sebagai penyedia chip, penggerak modular mobil listrik (e-axles), motor listrik, teknologi baterai, stasiun pengisian daya, dan berbagai layanan lainnya.

Penggunaan chip SiC pada mobil listrik klaimnya dapat memperluas jangkauan berkendara dan menjadikan pengisian daya lebih efisien, energi yang terpakai lebih rendah hingga 50%. Bahkan mobil mereka dapat menempuh rata-rata perjalanan yang lebih jauh dalam satu kali pengisian baterai dengan estimasi jarak 6% lebih jauh daripada chip berbasis silicon.

Selain elektrifikasi, Bosch telah berinvestasi secara ekstensif di sepanjang rantai nilai teknologi hidrogen dengan berfokus pada mobile fuel cell, yang baru-baru ini mulai diproduksi secara massal di Stuttgart.

Baca Juga: Produsen Sepeda Motor Sepakat Kembangkan Mesin Hidrogen

Penggunaan utama teknologi hidrogen ini berada pada sistem sistem powertrain untuk kendaraan berat dimana Bosch telah menerima pesanan pertamanya dari produsen truk di Eropa, AS, dan Cina. Para perusahaan ini juga mengerjakan komponen untuk mesin hidrogen, yang mengubah bahan bakar langsung menjadi energi tanpa terlebih dahulu mengubahnya menjadi listrik.