Bridgestone Bikin Ban Khusus Untuk Lightyear One, Mobil Listrik Bertenaga Surya

Bridgestone Bikin Ban Khusus untuk Lightyear One, Mobil Listrik Bertenaga Surya Mobil ramah lingkungan bertenaga surya Lightyear One (Foto: lightyear.one)

KabarOto.com - Bridgestone membuat ban khusus untuk Lightyear One, mobil listrik bertenaga surya yang dapat menempuh jarak 725km. Mobil ramah lingkungan ini diklaim pertama kali di dunia yang menggunakan tenaga surya, dan akan dijual pada akhir 2021 ini.

Turanza-Eco khusus dibuat untuk mendukung performa Lightyear One. Ban tersebut dibuat dengan menggabungkan teknologi evolusioner ban ringan bernama enliten dan teknologi ologic untuk pertama kalinya.

Teknologi ini dapat mengurangi bobot melalui penggunaan bahan mentah selama proses produksi, sekaligus mengurangi hambatan gelinding melalui desain telapak inovatif, diameter yang lebih besar, tekanan inflasi tinggi, dan desain ramping.

Baca Juga: Bridgestone Turanza T005A Jadi Ban OE Honda City Hatchback RS

Turanza Eco mampu meningkatkan jarak tempuh jika dibandingkan dengan ban alternatif khusus Bridgestone Electric Vehicle lainnya. Ban ini juga mampu mengurangi bobot baterai sebesar lebih dari 90 kg.

Selain jarak tempuh Lightyear One lebih optimal, dispersi silika di dalam ban juga telah ditingkatkan dengan menerapkan teknologi baru dalam pencampuran bahan baku.

Simbol ban EV Bridgestone juga nantinya akan terpasang pada dinding ban

Sehingga terjadi pengurangan keseluruhan berat ban per kendaraan sebesar 3,6kg 2 atau sekitar 10%, tanpa mengorbankan jarak tempuh 3 dan cengkeraman ban.

Simbol ban EV Bridgestone juga nantinya akan terpasang pada dinding samping ban Turanza Eco. Simbol tersebut diterapkan pada ban yang dibuat khusus untuk kendaraan listrik. Dan simbol ini, menunjukkan ban tersebut telah menjalani proses pengujian yang ketat untuk mendapatkan persetujuan dari produsen mobil.

Dari pengujian tersebut, hasilnya ban ini mendukung fitur unik kendaraan listrik dan memenuhi persyaratan pabrikan mobil untuk daya baterai, kontrol kendaraan, dan masa pakai ban.

Bridgestone juga memanfaatkan teknologi Pengembangan ban secara Virtualnya yang memungkinkan simulasi kinerja ban yang akurat tanpa harus memproduksi dan mengujinya secara fisik terlebih dahulu.

Baca juga: Bridgestone Potenza Jadi Andalan Di Lamborghini Huracán STO

Hal ini dapat menghemat hingga 40.000 kilometer saat pengujian pada mobil di luar ruangan. Hal ini juga dapat memangkas waktu pengembangan produk dan pengujian ban di luar ruangan hingga 50%.

Emilio Tiberio, COO & CTO Bridgestone EMIA (Europe, Russia, Middle East, India and Africa), memaparkan, sejak mereka terlibat dalam proyek Bridgestone World Solar Challenge, membuat Bridgestone semangat untuk berperan dalam proyek Lightyear One.

"Kami berkomitmen, untuk mengurangi 50% emisi CO2 pada tahun 2030," terangnya.
Selain itu, mereka juga akan menggunakan 100% bahan yang berkelanjutan pada tahun 2050, serta menjalin kemitraan strategis untuk mencapai tujuan.