BSA Gold Star 650 Hidup Lagi, Kini Berteknologi Modern

BSA Gold Star 650 Hidup Lagi, Kini Berteknologi Modern Sumber Foto : BSA Motorcycle

KabarOto.com – Di Motorcycle Live Show 2021, pabrikan motor asal Inggris yakni BSA Motorcycle, bangkit kembali dengan produk anyar mereka.

Pabrikan dengan nama lengkap Birmingham Small Arms (BSA) kembali hadir di bawah naungan Mahindra Group ini hadir dengan produk anyar mereka yaitu motor klasik nan modern yaitu BSA Gold Star 650 lansiran 2022. Motor tersebut akan diposisikan di segmen retro premium kelas menengah.

Baca Juga : Moto Guzzi V7 Stone Centenario Dan V85 TT Centenario Resmi Mengaspal Di Indonesia

“Bagi kami, BSA Gold Star terbaru bukan sekadar sebuah sepeda motor. Tetapi, sebuah emosi dan kami mengejar perjalanan membawa BSA kembali dengan penuh semangat. Untuk tetap mempertahankan otentiknya, Gold Star baru ini dirancang dan direkayasa d Inggris. Motor ini juga menggabungkan DNA BSA dan tetap menjadi Gold Star seperti pendahulunya,” ungkap Singh Joshi selaku Direktur BSA Company.

Mengusung desain klasik dengan karakter motor tua, pihak BSA bisa membekalinya melalui teknologi terkini. Ciri khas klasik kini ditampilkan di tangki berkapasitas 12 liter bermodel krom dengan logo BSA Gold Star pinstriping. Mirip dengan tangka BSA M24 dan DB34 di era 1950-an.

Selain itu, penggunaan sistem pembuangan, fender belakang, diikuti dengan lampu utama model bulat yang sudah LED. Lalu, penggunaan instrumen kluster ganda.

Di bagian kaki-kaki, suspensi teleskopik klasik 41 mm ladeni bagian depan dan shock absorber ganda di belakang dengan 5 level pengaturan. Pelek model jari-jari ini berukuran 18 inci (depan) dan 17 inci (belakang) yang dibalut ban Pirelli Phantom Sportscomp.

Baca Juga : Suzuki Katana 2022, Hadir Dengan Fitur Baru

Pelek dikawal cakram depan ukuran 320 mm dan belakang 255 mm berkaliper Brembo floating dua piston untuk depan dan kaliper tunggal untuk belakang. Rem ini memiliki teknologi ABS dual-channel.

  • Bicara soal performa, Gold Star dibekali mesin silinder tunggal DOHC berkapasitas 652 cc berpendingin cairan yang mampu menghasilkan 45 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 55 Nm pada 4.000 rpm. Uniknya, mesin ini mengadopsi dua busi dan memiliki sirip-sirip untuk pendingan yang bertujuan tetap menampilkan kesan klasik meskipun sudah dilengkapi radiator.

Tenaga mesin tersebut disambung ke transmisi manual 5 percepatan dengan slipper dan assist clutch. Mesin yang dirancang bersama dengan Technical University of Graz ini mampu memenuhi standar emisi Euro 5.