POPULAR STORIES

Bukan Hanya Infrastruktur, Jasa Marga Mulai Rambah Bisnis Properti

Bukan Hanya Infrastruktur, Jasa Marga Mulai Rambah Bisnis Properti Seminar Properti Jasa Marga (Istimewa)

KabarOto.com - Tidak hanya berfokus kepada pembangunan infrastruktur serta pengoperasian jalan tol, kini PT Jasa Marga (Persero) melalui PT Jasa Marga Properti (JMP) turut mengembangkan bisnis properti.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para developer di bidang properti, khususnya dalam hal kebijakan dan regulasi terkait pembebasan lahan, agar dalam proses pembebasan lahan tidak mengalami kendala yang bertentangan dengan Undang-Undang yang berlaku.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama dengan Jasa Marga Learning Institute (JLMI) menggelar seminar bertajuk “Kebijakan dan Regulasi Pembebasan Lahan Proyek Properti”, di Kantor Pusat Jasa Marga Jakarta, pada Kamis (15/03).

Baca juga: Kebijakan Ganjil Genap di Tol Bekasi Berhasil Turunkan Volume Lalin

“Melalui seminar ini, Jasa Marga, khususnya JMP akan belajar banyak dari para ahli mengenai bisnis properti, terutama mengani pembebasan tanah. Terutama perihal regulasi, sehingga kita tidak akan gamang untuk membesarkan bisnis properti kita masing-masing,” ujar Desi Arryani, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero).

Seminar Properti Jasa Marga
Seminar Properti Jasa Marga (Istimewa)

Seminar ini menghadirkan lima narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Direktur Jenderal Pengadaan Tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Arie Yuriwin, Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Syafran Sofyan, Direktur Utama PT PP Properti Taufik Hidayat, Ketua Dewan Pertimbangan DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indoesia (APERSI) Eddy Ganefo, dan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata. Selain itu, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani juga turut hadir dan memberikan opening speech dalam kegiatan tersebut.

Acara ini berangkat dari perkembangan di dunia properti yang tidak terlepas dari peran pemerintah dalam mendukung bisnis properti. Salah satu dukungan pemerintah dalam bisnis properti adalah dengan menerbitkan berbagai regulasi dan Undang-Undang, seperti Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), UU Hak Tanggungan serta UU Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Selain memahami prosedur legalitas dalam kepemilikan tanah, seminar ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif terkait kebijakan pertanahan dalam kaitan bisnis BUMN, serta memahami kiat sukses membangun bisnis properti, baik perusahaan swasta maupun BUMN mulai dari penguasaan lahan sampai dengan proses penjualan.

Seminar Properti Jasa Marga
Seminar Properti Jasa Marga (Istimewa)

Dirjen Pengadaan Tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Arie Yuriwin yang menjadi keynote speaker pada seminar ini mengatakan bahwa seluruh pebisnis di bidang properti, khususnya BUMN, diharapkan melakukan pengelolaan dan pengadaan aset yang transparan dan akuntabel.

“Seluruh pelaku bisnis properti, terutama BUMN, agar melakukan pengelolaan dan pengadaan aset dengan transparan dan akuntabel, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi negara,” papar Arie.

Lebih lanjut, Arie mengatakan bahwa ada beberapa poin hukum yang mendasari aset BUMN, yaitu UU No.19 Tahun 2003 tentang BUMN; PP No.45 Tahun 2005 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengawasan, dan Pembubaran BUMN; Perpres No.7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Negara; dan Permen BUMN No Per.2/MBU/2010 jo Per. 06/MBU/2010 tentang Tata Cara Penghapusan dan Pemindahtanganan Aktiva Tetap BUMN.

Senada dengan Arie terkait persoalan regulasi tanah di Indonesia, menurut Ketua Umum IPPAT Syafran Sofyan dalam sesi diskusi, masih banyak tanah yang belum didaftarkan. Hal ini tidak jarang menjadi konflik antara developer dan pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menghambat pendaftaran tanah, hal tersebut dikarenakan di Indonesia pendaftaran terkait Has Atas Tanah (HAT) belum terkoneksi dengan baik, belum ada standarisasi yang jelas, aturan yang tumpang tindih, dan ketidakpastian harga.

Untuk itu, Syafran meminta para pebisnis properti harus memahami betul regulasi yang mengatur sistem pertanahan, dan dilakukan secara transparan dan akuntabel agar tidak ada sengketa yang merugikan pihak manapun di kemudian hari.

Karena menurut Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata, kebutuhan akan properti tidak akan pernah habis. Meski industri properti akan terus tumbuh, papar Soelaeman dalam sesi diskusi, tantangan ke depannya akan semakin besar, di antaranya adalah terbatasnya persediaan lahan, kondisi ekonomi yang fluktuatif, dan birokrasi yang masih menghambat.