POPULAR STORIES

Bukan Hanya Jas Hujan, Perlengkapan Ini Wajib Digunakan Bikers Saat Hujan

Bukan Hanya Jas Hujan, Perlengkapan Ini Wajib Digunakan Bikers Saat Hujan Perlengkapan berkendara motor(Foto: Kipli)

KabarOto.com - Jas hujan adalah perangkat wajib yang harus dibawa saat menggunakan sepeda motor, terutama di musim hujan. Fungsinya adalah melindungi pakaian agar tidak basah. Bukan hanya jas hujan, perengkapan lain juga harus digunkaan bikers ubtuk keselamatan.

“Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak hanya jas hujan saja yang menjadi perlengkapan berkendara yang harus dibawa saat musim hujan. Beberapa perlengkapan lainnya juga wajib digunakan oleh pengendara untuk melindungi seluruh bagian tubuh saat berkendara,” kata Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.


1. Sarung Tangan

Pada umumnya jas hujan hanya melindungi bagian badan, hingga pergelangan tangan saja. Sedangkan untuk bagian jari-jari tidak terlindungi. Untuk itu selalu gunakan gloves atau sarung tangan saat berkendara.

Tapi yang harus diperhatikan saat musim hujan adalah, material atau bahan pada sarung tangan harus kuat, tidak tembus air sehingga bagian telapak tangan tetap kering, tidak licin dan juga nyaman saat digunakan. Biasanya sarung tangan yang terbuat dari bahan kulit, atau bahan lainnya yang diperuntukan untuk digunakan saat musim hujan.

Srung tangan dianjurkan selalu digunakan bukan hanya saat hujan saja, tapi juga digunakan pada kondisi normal. Selain untuk melindungi bagian jari-jari dan punggung tangan dari hujan, juga untuk meminimalisir resiko kerugian terutama saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: 5 Poin Mencegah Kerusakan Bodi Mobil Saat Musim Hujan

2. Pelindung Sepatu

Seperti yang diketahui jika berkendara sangat tidak aman jika hanya menggunakan sandal atau semacamnya. Untuk melindungi kaki saat berkendara tentunya dianjurkan harus menggunakan sepatu.

Tapi sayangnya beberapa jenis dan model sepatu tidak tahan air dan cenderung basah ketika digunakan saat musim hujan. Kondisi tersebut tentunya akan membuat berkendara tidak nyaman dan berpotensi mengganggu konsentrasi.

Saat ini tersedia beragam apparel atau perlengkapan berkendara yang berfungsi sebagai pelindung sepatu atau cover shoes. Tentunya bisa membuat kondisi sepatu Sobat tetap kering dan nyaman saat berkendara.



3. Sepatu Boots

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis dan tidak ribet, yaitu menggunakan sepatu yang tahan air, yaitu menggunakan sepatu model boots atau sepatu boots.

Sepatu boots pada umumnya menggunakan material karet sehingga tidak kaku, fleksibel dan kuat serta mudah dibersihkan. Modelnya yang melindungi bukan hanya di bagian telapak dan pergelangan kaki saja, tapi sampai ke bagian betis, sehingga lebih aman dan nyaman saat digunakan.

Baca Juga: Begini Harusnya Sikap Bijak Pengendara Mobil Hadapi Musim Hujan

4. Helm

Helm tentunya perlengkapan berkendara yang wajib digunakan baik saat hujan maupun saat kondisi normal. Tapi saat musim hujan, helm yang digunakan tentunya harus memiliki beberapa ketentuan, diantaranya.

Pilih Helm Full Face

Berkendara di musim hujan disarankan untuk menggunakan helm full face, alasannya karena helm jenis ini melindungi area depan terutama wajah dari guyuran atau cipratan hujan lebih optimal. Setidaknya lebih baik ketimbang helm jenis lainnya, tapi yang terpenting helm yang digunakan tetap nyaman dan bisa melindungi kepala secara menyeluruh.

Hindari Kaca atau Visor Helm Gelap

Baik helm full face atau model half face, yang terpenting helm yang digunakan saat hujan, adalah bagian kaca atau visor berwarna clear atau bening, hindari warna visor gelap supaya visibilitas atau penglihatan selama berkendara tidak terganggu.

Gunakan Fitur Anti Embun

Saat ini beragam inovasi disediakan oleh produsen helm, sehingga bukan hanya aman, helm juga semakin memanjakan konsumennya dengan beragam fitur. Salah satunya fitur anti embun berupa pinlock.

Atau bisa juga menggunakan cairan khusus yang membuat kaca atau visor helm terhindar dari embun yang mengganggu pandangan saat berkendara.