POPULAR STORIES

Bulan Juni, 2 Ruas Toll JORR 2 Bakal Beroperasi

Bulan Juni, 2 Ruas Toll JORR 2 Bakal Beroperasi Tol Kunciran Serpong (ist)

KabarOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan selesai pada akhir tahun 2019.

Jalan Tol JORR 2 yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng hingga ke Cilincing sepanjang 111 km tersebut, terdiri atas enam ruas, yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (26,5 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Baca Juga: Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) Jajal Tol Trans Jawa Jakarta Surabaya

Dari 6 ruas tersebut, 2 ruas yakni Kunciran-Serpong dan Serpong - Cinere ditargetkan dapat selesai pada Juni 2019. "Harapannya jalan tol ini bisa segera selesai karena sudah ditunggu masyarakat," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Tol Cibitung - Cilincing

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, penyelesaian ruas Tol JORR 2 akan meningkatkan kelancaran mobilitas komuter yang tinggal di kota-kota seperti Bogor, Depok, Tangerang, Serpong dan Bekasi namun beraktivitas di dalam kota Jakarta.

"Disamping itu dengan semakin lancarnya arus lalu lintas, maka akan mendukung distribusi logistik lebih efisien. Salah satunya akan mendukung pengembangan Cargo Village di kawasan Bandara Soekarno-Hatta," kata Danang Parikesit, Senin (4/3/2019).

Lebih lanjut Danang menyampaikan, bahwa progres 6 ruas tol JORR 2 tersebut yakni Ruas Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 km ditargetkan selesai konstruksinya pada November 2019. Kemudian Ruas Tol Kunciran-Serpong yang ditargetkan selesai bulan Juni 2019. Lalu Tol Serpong – Cinere yang ditargetkan rampung pada Juni 2019.

Baca Juga: Bupati Demak Alami Kecelakaan Di Tol Batang-Semarang

Ruas JORR 2 yang paling panjang adalah ruas Cibitung-Cilincing dengan panjang jalan tol 34 km yang terdiri atas 4 seksi, yakni Seksi I SS Cibitung-Gabus Indah panjang 13,1 km progresnya 61,7% dan Seksi II Gabus Indah-Muara Bakti sepanjang 6 km dengan progres mencapai 60,3%.

Selain mengerjakan ruas JORR 2, pemerintah juga sedang membangun JORR Seksi III Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 10,6 km. Saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 37,5% dengan target selesai November 2019 dan Seksi IV Kanal Banjir Timur-Cilincing yang membentang 4,6km masih dalam tahap pembebasan lahan.