Bursa Pembalap Formula 1 Musim 2023, Oscar Piastri Jadi Pilihan Beberapa Tim

Bursa Pembalap Formula 1 Musim 2023, Oscar Piastri jadi Pilihan Beberapa Tim Foto: Formula 1

KabarOto.com - Sama halnya dengan dunia olahraga sepakbola, tengah hangat-hangatnya isu masa depan para pembalap Formula 1. Kini yang banyak menjadi dibicarakan adalah Oscar Piastri, pria asal Australia yang tengah bertugas sebagai pembalap cadangan untuk tim Alpine. Ia dihubungkan dengan banyak tim F1.

Riuh bursa pembalap F1 dimulai dengan Daniel Ricciardo, pembalap tim McLaren itu terikat kontrak hingga musim depan (2023). Namun McLaren sepertinya musim ini kurang puas dengan performa Ricciardo, pembalap Australia ini belum menunjukan performa yang baik.

Alasan kondisi mobil MCL36 yang kurang dari segi performa, membuat Ricciardo kesulitan menunjukan keandalannya. Posisinya dalam kesulitan jika tak kunjung menunjukan performa baiknya, namun pada pemberitaan beberapa waktu lalu, disebutkan bahwa ia akan menyelesaikan kontrak hingga 2023.

Baca juga: Daniel Ricciardo Tegaskan Tetap Di F1 Hingga 2023

Daniel Ricciardo akan menyelesaikan kontrak bersama McLaren hingga 2023

Tim McLaren bisa saja memutus kontrak Ricciardo akhir musim ini dan kemungkinan akan menggantikannya dengan pembalap lain. Masuk dalam radar pantauan McLaren untuk menggeser Ricciardo terdapat nama-nama pembalap seperti Sebastian Vettel (Aston Martin) hingga Alexander Albon (Williams).

Bahkan gosip merebak dengan kemungkinan menggunakan jasa Oscar Piastri, namun bukan pilihan tepat karena ia hanya bisa dipinjam dari tim Alpine. Piastri tidak bisa diikat kontrak jangka panjang, jadi bukan opsi tepat bagi McLaren.

Beberapa pembalap sudah terikat kontrak, seperti Fernando Alonso (Alpine) yang berniat untuk memperpanjang kontrak hingga 2 tahun ke depan. Pembalap Spanyol ini punya peran penting dalam pengembangan mobil Alpine, walaupun usianya kini sudah menginjak kepala 40 tahun.

Oscar Piastri ini dirumorkan menjadi opsi jika Alonso tidak melanjutkan kontrak, namun akan lain ceritanya jika Alonso bertahan. Tentu kesempatan lain bagi Piastri adalah rela menjadi pembalap pinjaman untuk tim lain, seperti McLaren, Aston Martin hingga Williams.

Untuk Aston Martin, bisa lain cerita jika akhirnya Sebastian Vettel memutuskan pensiun. Awalnya Alpine digosipkan akan mengincar Pierre Gasly (AlphaTauri), namun pembalap asal Prancis itu memperpanjang kontrak dengan timnya.

Vettel sendiri sebenarnya tidak merasa nyaman dengan tim, karena tak kunjung mendapatman mobil yang sesuai keinginan Vettel. Ini bisa menjadi alasan bagi Vettel untuk pensiun atau memilih tim lain jika ada tawaran. Walau belum lama ini Vettel memilih bertahan, namun Aston Martin harus menyiapkan pembalap pengganti setelah musim 2023 usai.

Baca juga: Aston Martin Cognizant Pertahankan Sebastian Vettel Hingga 2023

Oscar Piastri punya banyak opsi tim yang akan mengkontraknya

Williams juga tengah mencari pembalap yang lebih muda dan kompetitif, Piastri menjadi opsi untuk menggantikan Nicholas Latifi yang tampil kurang memuaskan. Kemungkinan Piastri akan ditandemkan dengan Albon, walaupun Williams juga bisa saja mentandemkan dengan pembalap cadangan Mercedes-AMG Petronas, yakni Nyck de Vries asal Belanda.

Dengan begitu Williams, jika mentandemkan Piastri dan de Vries akan menjadi salah satu tim dengan pembalap rookie bertalenta. Tinggal bagaimana Williams memutuskan pilihan pembalapnya.

Sebenarnya jika de Vries dipinjamkan Mercedes-AMG Petronas, akan menjadi kesempatan pembalap muda itu mengasah kemampuan menyetir mobil F1 sekaligus beradaptasi sebelum benar-benar masuk tim, menggantikan Lewis Hamilton yang belum memutuskan masa depannya.