POPULAR STORIES

Bus JR Connexion Sediakan Bagasi Untuk Sepeda Lipat

Bus JR Connexion Sediakan Bagasi untuk Sepeda Lipat

KabarOto.com - Transportasi umum saat ini menjadi salah satu alternatif untuk mengurai kemacetan dan kepadatan lalu lintas, serta berdampak menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tak hanya bus Transjakarta saja yang jadi kendaraan umum, ada juga yang namanya Jabodetabek Residence (JR) Conexxion.

Sejak pandemi, Sobat KabarOto pasti melihat pengguna sepeda meningkat drastis. Tren tersebut mendapat dukungan dari pemerintah karena kini sudah banyak tersedia parkir sepeda di beberapa titik DKI Jakarta. Kabar baiknya, bagi kalian yang menggunakan JR Connexion bisa membawa sepeda ke bus loh.

Baca Juga: Transportasi Umum Baru, Bus JR Dan JA Conexion Hadir Di Tangsel Nih

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sekarang sudah menyediakan layanan bagasi untuk sepeda lipat di JR Connexion. Tenang saja, layanan ini gratis tanpa dipungut biaya dan bisa digunakan sehari-hari.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, tersedianya bagasi untuk sepeda ini bisa mendorong masyarakat menjadikan sepeda sebagai alat transportasi.

"Jadi sepeda tidak hanya dimanfaatkan untuk olahraga saja, namun menjadi salah satu alternatif dalam bertransportasi untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja, belanja, dan sebagainya," ujar Budi.

Baca Juga: Mulai Charging Spot Hingga Rak Koper, Ini Fasilitas JR Dan JA Connexion

Dari delapan operator JR Connexion yang saat ini beroperasi, 6 di antaranya dengan 14 unit bus yang berkeliling kesepuluh rute sudah memiliki fasilitas bagasi gratis ini.

Pemerintah merasa bahwa Non Motorised Transportation (NMT) seperti sepeda menjadi salah satu pilar penting dari penyelenggaraan transportasi perkotaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Pasalnya, hal ini berkaitan langsung dengan isu-isu global seperti lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat.