POPULAR STORIES

BYD Seal Mobil Listrik Mirip Porsche Taycan Dan Tesla Model 3

BYD Seal Mobil Listrik Mirip Porsche Taycan dan Tesla Model 3 BYD Seal (Dok: BYD)

KabarOto.com – Peralihan dari mobil pembakaran konvensional ke listrik mulai terasa. Produsen yang sudah lebih dulu membuat mobil listrik pun berlomba menghadirkan model-model baru untuk menarik perhatian konsumen.

Salah satunya adalah produsen mobil listrik atau EV asal Tiongkok, BYD yang baru saja memperkenalkan BYD Seal. Mobil ini cukup menarik dari tampilan eksteriornya, karena jika diperhatikan, mungkin mengingatkan kita dengan Porsche Taycan dikawinkan dengan Tesla Model 3.

BYD Seal memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.460 mm, dengan jarak sumbu roda 2.920 mm. Jika dilihat dari dimensinya, maka mobil ini bisa jadi pesaing ketat Tesla Model 3.

Baca Juga : Pemesanan Truk Trailer Listrik Tesla Semi, Siapkan Uang Muka Rp294 Jutaan

Membahas soal desain eksterior, fasianya sangat mirip seperti sportcar EV Porsche Taycan, bisa dilihat dari model headlamp agresif berteknologi LED. Lalu lekukan bumper juga dibuat sedinamis mungkin tanpa grill, dan hanya terdapat cover ventilasi yang kemungkinan untuk mendinginkan rem.

Bagian sampingnya lebih mirip Tesla Model 3 namun dengan ciri khas BYD sendiri, hanya karna bentuk fastback-nya membuat tampak identik. Apalagi BYD juga menyematkan satu set pelek aero alloy finishing dual tone hitam polish, berbeda dengan Model 3 yang hanya cover.

Baca Juga : Porsche Taycan GTS Hockenheimring Edition, Rayakan 90th Sirkuit Jerman

Beralih ke belakang, desainnya pun cukup ringkas dengan lampu stoplamp LED menyatu dari ujung ke ujung, sehingga terkesan futuristik. Model bumper belakang tidak banyak lekukan ekstrem, hanya ada lubang ventilasi di setiap sisi dan diffuser agar tampak lebih sporty.

Masuk ke kabin, kita akan melihat nuansa futuristik dengan layar tengah besar 15,6 inci dengan fitur yang mirip seperti Tesla, untuk mengatur AC, audio, dan sebagainya. Lalu kluster instrumen digital ada di balik setir ukuran 8,8 inci. Tuas persneling juga model tombol seperti kristal sehingga terkesan eksklusif.

Nuansa lega dan mewah ditambah dari balutan bahan kulit premium berwarna biru muda yang membalut bagian jok, dasbor, konsol tengah hingga doortrim. Terdapat motif jahitan unik serta rajutan logo BYD di bagian sandaran kepala.

Terdapat beberapa model yang ditawarkan BYD di antaranya sebagai berikut. Standard Range, RWD Elite dan Premium dengan kapasitas baterai 61.44 kWh, penggerak roda belakang, system output 201 dk pengisian daya cepat bisa mengisi 30-80% hanya dalam 30 menit. Dengan jarak tempuh sekitar 550 km sekali pengisian. Harganya Rp 451 hingga 480 jutaan.

Lalu diatasnya Long Range RWD dan AWD Performance, baterai kapasitas 82.56 kWh, output normal 308 dk, dengan jarak tempuh 700 km. Sementara versi Performance 522 dk, akselerasi Performance dari 0-100 kpj hanya 3,8 detik dengan jarak tempuh lebih pendek yakni 650 km sekali isi penuh. Soal harga banderol mulai dari Rp 560 hingga 615 jutaan.

BYD telah mengkonfirmasi itu akan ditawarkan di Australia mulai 2023 dengan nama Atto 4, dan spesifikasi setir kanan.