Byson Siwulung Bro Taufik Trabas Jakarta-Jawa Timur-Jakarta Tanpa Lelah

Byson Siwulung Bro Taufik Trabas Jakarta-Jawa Timur-Jakarta Tanpa Lelah Bro Taufik bersama Siwulung di titik tujuan kabaroto goes to Jawa Timur, Gunung Bromo (Foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

kabarOto.com - Perjalanan Kabaroto goes to Jawa Timur yang dilakukan oleh jurnalis Kabaroto Ahmad Djainudin bersama dengan Bro Taufik Mufida belum lama ini, dengan menggunakan motor Yamaha Byson keluaran tahun 2012 yang diberi nama Siwulung. Dengan beban yang berat hampir 160 kg, Siwulung tanpa mengalami kendala mampu menerabas berbagai jalur mulai dari Jakarta sampai Jawa Timur dengan lincah tanpa lelah.

Dengan beban box motor hampir 35 kg, serta beban kami berdua yang kurang lebih 120 kg tidak menjadi beban berarti bagi Siwulung menjelajah jalan yang kami lalui. Dengan medan yang berliku, menanjak dan menurun kami tidak merasakan kendala yang dialami Byson Siwulung. Hal ini berkat kedisiplinan sang empunya Bro Taufik yang selalu fokus dalam hal perawatan, mulai dari mesin, kaki kaki dan suspensi juga hal hal kecil lainnya.

baca juga:

"Untuk selalu prima Siwulung selalu saya fokuskan dalam hal perawatan, mulai hal kecil hingga hal hal yang penting. Itulah kenapa Siwulung selama perjalanan Jakarta-Jawa Timur-Jakarta dengan waktu satu minggu tidak mengalami kendala apapun." Ungkap Bro taufik kepada Jurnalis KabarOto.

kabaroto
Siwulung diatas Bukit Bintang Banjarnegara Jawa Tengah

Selama satu minggu perjalanan Jakarta-Jawa Timur-Jakarta, Siwulung melakukan pergantian oli mesin sebanyak dua kali untuk menghasilkan kerja mesin yang maksimal. Dengan menggunakan ban belakang ukuran 130/60/17 depan 110/70/17, mesin standar, dengan porting polish 1.1 cm pada bagian pembuangan, dan karburator PE 28 mampu menghasilkan torsi hingga 120 rpm.

Spesifikasi Byson Siwulung
. Mesin Standar
. Karburator PE 28
. Knalpot Racing R9
. Gear Seat SSS ukuran 15-44
. Kanpas Kopling Yamaha Scorpio
. Porting Polish pada bagian pembuangan sebesar 1,1 cm
. Ban Depan Ukuran 110/70 ring 17
. Ban Belakang Ukuran 130/60 ring 17

Dengan spesifikasi diatas, Siwulung selalu berlari dengan tenang saat dikendarai. Mau diajak kencang ok, diajak santai pun ok. Sfesifikasi Siwulung merupakan setelan harian yang biasa digunakan untuk keperluan sehari hari, tanpa harus merongrong sang empunya. Bayangkan, dengan jarak Jakarta-Jawa Timur-Jakarta dengan jarak tempuh hingga 2,338,4 km hanya menghabiskan bahan bakar Pertamax sebanyak 92,6 liter atau setara dengan Rp 695,000 rupiah.

kabaroto
Siwulung dikaki Gunung Bromo

kabaroto
Bro Taufik dan Siwulung di Pelataran Gunung Bromo