POPULAR STORIES

Cagiva V539 GP Dilelang, Begini Spesifikasinya

Cagiva V539 GP Dilelang, Begini Spesifikasinya Sumber Foto : Mecum Auction

KabarOto.com – Bagi Sobat KabarOto penggemar motor 2-tak, tentunya tidak asing dengan merek legendaris Cagiva.

Motor pabrikan asal Italia ini pernah mengikuti balapan MotoGP dari tahun 1980 hingga 1990-an yang saat itu masih bernama GP500. Salah satu motor balap legendaris ini adalah Cagiva V593 GP yang dikendarai pembalap John Kocinski berhasil menjuarai GP Amerika Serikat pada 1993.

Baca Juga : Cagiva Siap Reinkarnasi, Kali Ini Lahir Jadi Motor Listrik

Kini, motor legendaris tersebut dilelang oleh Mecum Auction dan akan menjadi idaman para kolektor motor 2-tak. Motor ini menggunakan mesin 2-tak V4 berkapasitas 498 cc berpendingin cairan ini diklaim tenaganya mencapai 185 dk. Untuk transmisi menggunakan tipe manual 6 percepatan.

Sesuai foto, kondisi bodi masih mulus dengan ranga motor terbuat dari bahan aluminium. Sementara suspensi depan dan belakang menggunakan produk dari Ohlins.

Untuk mengimbangi performa, cakram depan ganda dengan diameter 320 mm disandingkan kaliper empat piston lansiran Brembo. Sedangkan belakang menggunakan rem cakram tunggal dengan kaliper dua piston. Meski terlihat besar bobot motor ini sangat ringan berkat penggunaan pelek, swingarm, garpu bagian atas terbuat dari bahan serat karbon. Dengan penggunaan tersebut, bobot motor ini tidak mencapai 90 kg.

Baca Juga : BMW M1 Milik Mendiang Paul Walker Dilelang

John Kocinski berpendapat bahwa tenaga mesin justru jadi kelemahan V593 dan bukan kekuatannya. Menurutnya, kelincahan dan kemudinya adalah kekuatannya. Dia sudah memenangkan banyak balapan dengan Cagiva saat itu. Dengan sedikit perbaikan motor ini dan versi V594 yang menggantikannya bisa membawa John Kocinski jadi juara. Sayangnya, Cagiva kekurangan biaya untuk perbaikan dan pengembangan motornya pada saat itu.

Untuk Sobat yang berminat memiliki motor legendaris ini, bisa mengikuti lelang online dari Mecum Auction pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2021 mendatang.