POPULAR STORIES

Calon Crossover Listrik Volvo Berkode V546

Calon Crossover Listrik Volvo Berkode V546 Teaser calon crossover listrik (Dok: Volvo)

KabarOto.com – Volvo dikabarkan akan meluncurkan crossover listrik baru yang berada di antara model XC60 dan XC90 yang akan diproduksi beberapa tahun mendatang di pabrik Ridgeville, Carolina Selatan.

Crossover listrik berkode V546 merupakan mobil listrik ketiga yang diproduksi di pabrik tersebut. Kabarnya, model terbaru ini akan dibangun di atas platform listrik Volvo yang diklaim memiliki sistem bantuan mengemudi yang canggih.

Baca juga: Pabrik Baterai Mobil Listrik Volvo Beroperasi Tahun 2025

Sebagai informasi, mobil listrik Volkswagen akan diproduksi di pabrik Tiongkok yang diharapkan mampu menghasilkan 60 persen dari jumlah produksi tahunan mulai dari tahun 2024. Sedangkan, untuk sisanya sekitar 100.000 unit akan diproduksi di pabrik Carolina Selatan.

Pabrik perakitan Carolina Selatan memiliki luas 2,3 juta kaki persegi, yang terletak satu jam di barat laut Charleston, akan memainkan peran sentral dalam transisi Volvo ke kendaraan listrik.

Baca juga: Uji Coba Volvo FH Electric, Lewati Jalur Berbukit Dan Tempuh Jarak 343 Km

Setelah investasi sebesar $ 118 juta, pabrik akan mulai membangun dua crossover listrik tahun depan. Baik Polestar 3 dan penerus XC90 akan diproduksi di pabrik mulai tahun 2023. serta V564 akan menjadi crossover listrik ketiga yang dibuat di pabrik tersebut.

Untuk saat ini, pabrik ini memproduksi Volvo S60, yang diperkirakan 23.000 unit dihasilkan pada tahun lalu. Itu secara signifikan kurang dari 150.000 kendaraan per tahun yang mampu diproduksi.

Fasilitas produksi ini memproduksi kendaraan khusus untuk pasar Amerika Utara dan pabrikan mobil tidak mengharapkannya menjadi pusat ekspor. Volvo berencana untuk menjual hanya kendaraan listrik penuh pada tahun 2030 dan berinvestasi besar-besaran di pusat R&D baterai di Gothenburg, Swedia.