Pabrik Baterai Mobil Listrik Volvo Beroperasi Tahun 2025

Pabrik Baterai Mobil Listrik Volvo Beroperasi Tahun 2025 Pabrik Baterai mobil listrik Volvo dan Northvolt (Dok: Volvo)

KabarOto.com – Volvo dan Northvolt mengumumkan bahwa mereka akan membangun pabrik baterai baru di Gothenburg, Swedia, untuk melengkapi pusat R&D yang diumumkan pada bulan Desember. Pabrik tersebut akan dibuka pada tahun 2025 dan akan membutuhkan investasi $3,2 miliar.

“Kemitraan sel baterai kami dengan Northvolt adalah kunci ambisi strategis kami dalam elektrifikasi. Kami berkomitmen untuk menjadi pemimpin di segmen mobil listrik premium dan hanya menjual kendaraan listrik murni pada tahun 2030,” kata Kepala Eksekutif Volvo Cars, Håkan Samuelsson.

Baca Juga : Uji Coba Volvo FH Electric, Lewati Jalur Berbukit Dan Tempuh Jarak 343 Km

Volvo mengatakan produksi berkelanjutan akan menjadi prinsip utama pabrik dan karena itu akan ditenagai oleh energi bebas fosil dengan fokus mendorong kapasitas energi terbarukan di wilayah tersebut.

Fasilitas tersebut akan memiliki kapasitas produksi tahunan potensial hingga 50gWh, yang akan memasok kebutuhan baterai sekitar 500.000 kendaraan per tahun dan akan digunakan untuk kendaraan Volvo dan Polestar.

Baca Juga : Volvo VNR Electric Mampu Tempuh Jarak 440 Km

Pabrik tersebut akan bekerja bersama dengan pusat R&D baru yang akan beroperasi tahun ini dan juga dijalankan oleh Volvo dan Northvolt. Bersama-sama, mereka akan bekerja untuk membuat baterai yang memungkinkan EV bisa tempuh jarak jauh dan waktu pengisian kian cepat.

Pabrik baterai yang akan dibuka pada tahun 2025 ini membutuhkan hingga 3.000 pekerja untuk beroperasi dan akan menjadi salah satu lokasi manufaktur sel terbesar di Eropa.