Uji Coba Volvo FH Electric, Lewati Jalur Berbukit Dan Tempuh Jarak 343 Km

Uji Coba Volvo FH Electric, Lewati Jalur Berbukit dan Tempuh Jarak 343 Km Pengujian Volvo FH Electric (Dok: Volvo Truck)

KabarOto.com – Seorang jurnalis asal Jerman bernama Jan Burgdorf melakukan pengujian Volvo FH Electric yang dilakukan untuk membuktikan ketangguhan truk tanpa emisi yang memiliki tenaga 490 kW dan berat kotor 40 ton.

Pengujian ini dilakukan di Green Truck Route, dengan rute sepanjang 343 km yang mencakup berbagai jalan raya, medan berbukit, dan jalan yang lebih sempit yang digunakan untuk menguji truk pabrikan yang berbeda dalam berbagai kondisi.

Baca Juga : Menuju Elektromobilitas, Volvo Luncurkan Platform Bus Listrik Terbaru

“Harus saya katakan, saat mengemudikan truk ini sama gesitnya, atau bahkan lebih lincah, daripada truk diesel. Pengemudi akan sangat terkejut tentang betapa mudahnya mengemudi, betapa sunyinya dan seberapa baik responsnya. Tidak ada getaran sama sekali,” kata Jan Burgdorf.

Volvo FH Electric mempertahankan kecepatan rata-rata 80 km/jam di seluruh rute, yang setara dengan Volvo FH yang dilengkapi dengan mesin diesel dan paket efisiensi bahan bakar I-Save. Berdasarkan konsumsi energi hanya 1,1 kWh/km, truk listrik memiliki jangkauan total 345 km dalam sekali pengisian.

Baca Juga : Volvo Autonomous Solutions Ungkap Prototipe Calon Truk Otonom

“Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa dimungkinkan untuk berkendara hingga 500 km selama hari kerja biasa, dengan berhenti sebentar untuk mengisi daya, misalnya saat makan siang,” jelas Tobias Bergman, Press Test Director di Volvo Trucks.

Dalam pengujian Rute Truk Hijau, Volvo FH Electric menggunakan energi 50% lebih sedikit daripada Volvo FH dengan mesin diesel yang sebanding.

Tujuan Volvo Trucks adalah bahwa kendaraan listrik akan mencapai setengah dari penjualan truknya pada tahun 2030 dan pada tahun 2040, pengurangan CO2 100% berbasis roda untuk truk baru yang dijual.