POPULAR STORIES

Eksistensi Truk Volvo FH Selama 30 Tahun, Dominasi 80 Pasar Di Seluruh Dunia

Eksistensi Truk Volvo FH Selama 30 Tahun, Dominasi 80 Pasar di Seluruh Dunia Lintas generasi truk Volvo FH/Foto: dok.Volvo Trucks

KabarOto.com - Sudah 30 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1993, Volvo FH menjadi salah satu model truk heavy duty yang mencapai kesuksesan di industri kendaraan komersial global dengan catatan hampir 1,4 juta truk terjual di sekitar 80 pasar otomotif di seluruh dunia.

Menurut, Roger Alm, Presiden Volvo Trucks, Volvo FH adalah representasi sempurna dari pola pikir yang berfokus pada pelanggan dan model yang telah melampaui batas selama 30 tahun mengaspal membantu para pebisnis di seluruh dunia.

Baca Juga: 50 Tahun Di Indonesia, Isuzu Hadapi Banyak Peluang Dan Tantangan

“Di semua bidang penting seperti kenyamanan pengemudi, efisiensi bahan bakar, keselamatan, dan produktivitas, kami tidak pernah berhenti menyempurnakan truk ini,” ungkapnya mengutip laman resminya, Jum’at (26/1/2024).

Salah satu faktor yang menjadikan Volvo FH sebagai primadona diantara truk Volvo lainnya adalah sasis yang kokoh dan fleksibel untuk berbagai aplikasi, kabin yang aerodinamis, kenyamanan pengemudi serta sistem keamanan yang responsif.

Generasi Pertama Truk Volvo FH (1993)/Foto: dok.Volvo Trucks
Generasi Kedua Truk Volvo FH (2002)/Foto: dok.Volvo Trucks

Tak hanya itu, tonggak inovasi selama 3 dekade terakhir juga mencakup dari performanya yang tangguh ditambah dengan solusi transmisi otomatis I-Shift, dan Volvo Dynamic Steering, yang memberikan kemampuan manuver yang hebat.

Manajer Segmen Long Haul Volvo Trucks, Ylva Dalerstedt, mengatakan bahwa formula kesuksesan Volvo FH dan truk Volvo lainnya adalah memanfaatkan teknologi terkini yang selalu memberikan manfaat nyata bagi pelanggan.

Baca Juga: Sejarah Singkat PO Kramat Djati, Berawal Dari Bidang Ternak

“Sejak generasi pertama, Volvo FH adalah game-changer yang mengubah konsep truk modern secara total. Sejak itu, kami terus menetapkan standar baru dalam bidang angkutan truk dan terus meluncurkan generasi baru dari truk ini,” terangnya.

Dengan desain ramping dan perubahan lampu depan dari berbentuk kotak menjadi berbentuk V, menawarkan peningkatan visibilitas dan kenyamanan bagi pengemudi sekaligus memberikan tampilan khas pada truk Volvo FH yang kini menjadi ikonik.

Generasi Ketiga Truk Volvo FH (2012)/Foto: dok.Volvo Trucks
Volvo FH Electric/Foto: dok.Volvo Trucks

Kendati demikian, sebagai truk ikonik Volvo Trucks, saat ini, Volvo FH pun telah turut ikut menjadi salah satu armada angkutan berat yang berkontribusi pada era keberlanjutan, dimana Volvo Trucks telah memasarkan Volvo FH Electric yang ditenagai dengan sistem baterai-listrik.

Hal tersebut merupakan salah satu wujud dari misi Volvo Trucks yang telah berkomitmen untuk mencapai setengah dari penjualan truknya pada tahun 2030 adalah truk listrik dan mewujudkan pengurangan 100% karbon CO2 pada tahun 2040.

Baca Juga: Harga Lebih Dari Rp1 M, Ini 4 Fitur Andalan Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626 L