POPULAR STORIES

Sejarah Singkat PO Kramat Djati, Berawal Dari Bidang Ternak

Sejarah Singkat PO Kramat Djati, Berawal Dari Bidang Ternak Bus Kramat Djati Terkini/Foto: dok.Instagram/@kramatdjatibus

KabarOto.com - Kramat Djati merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) ternama di Indonesia, telah berusia sekitar 55 tahun, sudah tak asing lagi bagi para pengguna transportasi bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa PO bus ini merupakan asal Jakarta Timur, karena namanya yang menyerupai dengan salah satu pasar induk Kramatjati, juga memiliki pool yang cukup besar di wilayah tersebut.

Baca Juga: Sejarah PO Harapan Jaya, Berawal Dari 3 Unit Bus

Nyatanya, Kramat Djati merupakan PO asal Bandung, Jawa Barat, pada awalnya merupakan perusahaan transportasi yang bergerak dalam bidang ternak dan angkutan, sebelum menjadi perusahaan transportasi ternama saat ini.

Sebelumnya, PO Kramat Djati dikenal sebagai Sumber Djaja yang didirkan oleh seseorang bernama Arief Budiman pada tahun 1968 silam. Di mana saat itu, PO bus ini hanya membuka satu jurusan bus AKAP yaitu jurusan Bandung-Jakarta.

Bus Lawas PO Kramat Djati Tahun 1970-an (Foto: dok.Instagram/@busklasik)

Berkembang cukup pesat pada tahun 1970-an, PO Kramat Djati menambah jurusan-jurusan baru, salah satunya adalah jurusan Bandung-Merak resmi beroperasi pada 1975.

Pada 1986, PO ini kembali membuka layanan baru bus malam cepat yang menjangkau 3 provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Bahkan pada 1990, PO bus ini terus berkembang dengan membuka rute jurusan Bandung-Bali.

Baca Juga: Mengenal Fitur ABS Pada Truk Dan Bus, Begini Cara Kerjanya

Seiring dengan perkembangannya yang begitu pesat, akhirnya pada 1995, Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas dan menambah nama yaitu menjadi Kramat Djati Asri Sejati.

Setelah itu, Kramat Djati juga menembus pasar Sumatera dengan tujuan Lampung, Palembang, Pekanbaru dan Bengkulu pada 1996. Pada tahun 2000 memperluas pasar ke wilayah timur dengan membuka jurusan Bandung-Mataram.

Bus PO Kramat Djati tahun 2000-an (Foto: dok.Instagram/@kramatdjatibus)

Selama jerih payahnya dengan membuat beberapa perubahan selama 15 tahun terakhir, PO Kramat Djati terus berkembang mulai dari satu jurusan pada tahun 1968 dan sekarang telah memiliki 70 jurusan yang menjangkau Bali, Jawa, dan Sumatra.

Sejak awal berdiri, PO Kramat Djati telah menggunakan bermacam-macam sasis bus mulai dari Hino, Mercedes-Benz, Scania dan MAN dengan berbagai bodi dari beberapa karoseri ternama seperti Adiputro, Tentrem hingga Laksana.

Baca Juga: Bisa Bikin Irit BBM, Begini Cara Optimalkan Hambatan Gulir Pada Ban Truk Dan Bus

Kendati demikian, PO Kramat Djati senantiasa mengembangkan kualitas layanannya untuk kepuasan pelanggan dengan memiliki misi untuk menjadi perusahaan yang memiliki pelayanan transportasi yang terpercaya bagi masyarakat.