POPULAR STORIES

Bisa Bikin Irit BBM, Begini Cara Optimalkan Hambatan Gulir Pada Ban Truk Dan Bus

Bisa Bikin Irit BBM, Begini Cara Optimalkan Hambatan Gulir Pada Ban Truk dan Bus Truk Mercedes-Benz Axor Euro 4/Foto: KO

KabarOto.com - Ban menjadi komponen vital pada sebuah kendaraan, baik penumpang maupun komersial seperti bus dan truk. Memiliki rolling resistance atau hambatan gulir, dihasilkan saat ban melakukan kontak langsung dengan permukaan jalanan. Kondisi tersebut bisa membuat irit bahan bakar minyak, asal kondisinya optimal.

Rolling resistance ini menjadi gaya atau energi yang mempengaruhi kecepatan dan cengkraman terhadap permukaan jalan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti senyawa karet yang padat hingga berat total kendaraan.

Baca Juga: Musim Hujan Awas Aquaplaning, Perhatikan Hal Ini

Menurut Ahmad Juweni, National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, rolling resistance sangat penting baik untuk pengemudi mobil pribadi maupun kendaraan niaga seperti truk dan bus.

"Semakin besar hambatan gulir akan semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Karena, segmen kendaraan niaga seperti truk dan bus biasanya menempuh perjalanan lebih dari ratusan kilometer per hari," ujarnya beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Ahmad Juweni pun memaparkan, sebagai manufaktur global yang berorientasi pada pemberian solusi, Hankook Tire melakukan inovasi guna menyelaraskan antara penghematan biaya operasional dan keselamatan berkendara.

Sebagai contoh, pada ban Hankook AH30 dengan ukuran 1100R20 yang biasa digunakan untuk truk angkut perjalanan jauh (long haul), telah digunakan tiga alur zig-zag dan 3 dimensional kerf pada tapak ban untuk meningkatkan traksi agar ban akan lebih tahan selip.

Baca Juga: Lima Hal Wajib Diperhatikan Pemilik Mobil Pikap!

Untuk mengurangi hambatan gulir, ban ini juga dilengkapi dengan new compound mixing system, dapat menghasilkan ban lebih padat. Maka, bagian ban yang berkontak langsung dengan jalanan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengeras.

Menurutnya, hal ini pun akan mendukung cengkraman antara ban dan jalanan sehingga bisa meningkatkan keselamatan. Dengan begitu, berikut beberapa tips dari Hankook Tires Indonesia untuk mengoptimalkan hambatan gulir.

Ilustrasi ban truk dan bus/Foto: Hankook

Pertama, pertimbangkan total beban kendaraan dan muatan sesuai dengan rekomendasi manufaktur, dan ban yang dapat menerima lebih sedikit gaya tekanan sehingga area kontak ban dengan jalanan tidak akan terlalu melebar dan hambatan gulir akan lebih kecil.

Kedua, periksa keselarasan ban dengan benar agar tidak menimbulkan friksi/gesekan yang berlebihan. Biasanya, ban yang tidak sejajar akan aus tidak rata karena bagian kontak ban dengan jalanan juga tidak merata. Aus yang tidak merata ini tidak hanya memperpendek umur pakai ban, tetapi juga berdampak pada peningkatan hambatan gulir.

Baca Juga: Harga Lebih Dari Rp1 M, Ini 4 Fitur Andalan Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626 L

Ketiga, isi tekanan angin ban sesuai rekomendasi. Dengan cara ini, pengemudi dapat mengurangi deformasi ban ketika berkendara sehingga, energi yang digunakan pun akan berkurang. Jika mengisi tekanan udara lebih dari rekomendasi akan menyebabkan area kontak ban yang lebih kecil.

“Hambatan gulir juga dipengaruhi dari bentuk ban, desain tapak, dan senyawa pada ban, maka menjaga kondisi ban agar tetap prima akan membantu optimalisasi hambatan gulir yang sudah dirancang oleh manufaktur,” tutup Ahmad.